detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 14:14 WIB

Bocah di Pati Terbakar Petasan Bambu, Keluarga: Murni Kecelakaan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Bocah di Pati Terbakar Petasan Bambu, Keluarga: Murni Kecelakaan Olah TKP Bocah terbakar petasan bambu. (Foto: Dok Polres Pati)
Semarang - Terbakarnya Muhammad Khoirul Muhaimin (10) saat bermain petasan atau mercon bumbung ditegaskan tidak ada unsur kesengajaan. Baik keluarga korban maupun teman-teman yang bermain mercon bersama tidak ada masalah.

Hal itu diungkapkan salah satu kerabat, Ilham, yang menunggu di depan ruang PICU RSUP dr Kariadi Semarang dimana korban dirawat intensif saat ini. Ilham menyayangkan sempat ada kabar yang menyatakan terjadi penyiraman padahal tidak.

"Itu kecerobohan dalam bermain, tidak ada unsur kesengajaan," kata Ilham, Jumat (14/6/2019).


Ilham yang juga merupakan tetangga korban menyebut tidak ada masalah antar tetangga pasca peristiwa yang terjadi 4 Juni 2019 lalu. Saat ini permasalahan sudah selesai dan fokus pada penyembuhan korban.

"Semua keluarga baik korban maupun tetangga tidak ada masalah. Masalah sudah selesai," tegasnya.

Untuk diketahui korban terbakar saat bermain mercon bumbung dengan teman-temannya. Warga Dukuh Malangan Desa Karangrejo Kecamatan Pucakwangi, Pati itu dilarikan ke rumah sakit setempat namun segera dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang karena kondisi luka yang cukup parah.


Di RSUP dr Kariadi Semarang korban langsung masuk ruang PICU karena sudah mengalami gagal napas sehingga dilakukan pertolongan dengan ventilator mekanik. Luka bakar di wajah dan tangan kiri dan kaki kanan kiri masuk derajat 3.

"Masuk dengan keluhan luka bakat derajat 3, luasnya 10 persen. Derajat 3 itu kena kulit bagian bawah namun tidak sampai sentuh daging atau tulang. Sudah gagal napas saat masuk. Itu terjadi karena ada uap panas ke muka," jelas Kepala Instalasi Perawatan Intensif yang juga tim dokter yang menangani korban, dr Moh Supriatna SpAK.

Tenaga medis dari 7 divisi ikut menangani korban dan saat ini pernapasan korban menunjukkan perkembangan baik. Terkait luka bakar, masih dilakukan upaya medis dan meskipun nantinya sembuh tetap akan meninggalkan bekas.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed