detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 15:46 WIB

Hindari Risiko Macet di Tanjakan Jambu Semarang, Lewat Sini Saja

Aji Kusuma Admaja - detikNews
Hindari Risiko Macet di Tanjakan Jambu Semarang, Lewat Sini Saja Jalur alternatif Desa Brongkol. Foto: Aji Kusuma Admaja/detikcom
Semarang - Meski lajur tambahan belum rampung, jalur Tanjakan Jambu sudah bisa dilalui pemudik dari arah Yogyakarta-Semarang atau sebaliknya. Namun jika ingin menghindari jalur yang rawan macet saat ada kendaraan mogok, ada jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik.

"Selama tidak ada truk mogok, tidak terjadi kemacetan, Mas. Tapi tetap ada kenaikan arus kendaraan hingga musim mudik usai," jelas Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Semarang, Zakky Kurniawan saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/6/2019).

Zakky menjelaskan bahwa hingga hari ini jumlah rata-rata kendaraan yang melintas di jalur Tanjakan Bambu mencapai 1.881 sepeda motor dan 1.658 mobil pribadi.

"Jika dibanding pada arus mudik tahun lalu, meningkat sekitar 10-15 persen," terang Zakky.

Guna mengantisipasi terjebak kemacetan di tanjakan Jambu, detikcom menelusuri jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik. Kali ini detikcom mengambil arah Semarang-Yogyakarta.


Selain memiliki akses jalan yang cukup luas, jalur alternatif ini juga berada diantara pemandangan pedesaan yang menyejukkan. Berikut jalur alternatif yang dapat dilalui pemudik untuk menghindari kemacetan di tanjakan Jambu dari Exit Tol Bawen:

Dari Exit Tol Bawen, pemudik dapat menuju ke arah Terminal Bawen, lalu mengambil rute perjalanan melalui Jalur Lingkar Ambarawa (JLA). Setelah memasuki JLA, arahkan kendaraan menuju Markas Batalyon Kavaleri Ambarawa lalu menuju wilayah Desa Brongkol hingga sampai di bagian atas tanjakan Jambu.

Dari Desa Brongkol, perjalanan akan melewati pematang sawah dan perkebunan masyarakat setempat. Pemudik yang melintasi jalur alternatif ini, harus tetap waspada, karena kontur jalan yang menanjak dan berkelok. Pantauan detikcom, saat mencoba jalur alternatif yang dikenal dengan nama Jalur Brongkol, dalam kondisi lalu lintas normal dibutuhkan waktu empat puluh lima menit dari Exit Tol Bawen hingga tembus pertigaan di ujung Tanjakan Jambu.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed