detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 21:56 WIB

Mahfud Md Nilai Idul Fitri Momen Tepat Bertemunya Jokowi-Prabowo

Ristu Hanafi - detikNews
Mahfud Md Nilai Idul Fitri Momen Tepat Bertemunya Jokowi-Prabowo Mahfud MD saat sambangi kediaman Megawati. Foto: Agung Pambudhy
Sleman - Prof Mahfud Md menilai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H menjadi momentum yang tepat untuk bertemunya Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Jika dua capres itu bertemu, diyakini bakal berdampak positif terhadap kondisi masyarakat pasca Pemilu 2019.

"Yang penting bagaimana meyakinkan Pak Jokowi dan Pak Prabowo bahwa bertemunya mereka sangat ditunggu-tunggu oleh Indonesia untuk menyejukkan rakyat dalam menyongsong masa depan, yang mau tak mau, tak ada pilihan lain, harus menerima putusan MK (terkait sengketa Pemilu)," kata Mahfud saat ditemui wartawan di kediamannya, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Selasa (4/6/2019).

Menurut Mahfud, momen rekonsiliasi dengan memanfaatkan budaya silaturahmi dalam rangka Lebaran ini sangat bagus.


"Diharapkan bisa sekarang-sekarang ini mumpung Lebaran," jelas anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Akan tetapi, Mahfud juga menghargai jika Jokowi dan Prabowo memutuskan untuk bertemu setelah keluar hasil sengketa Pemilu 2019 di MK pada 28 Juni mendatang.

"Tetapi kalaupun ada yang memberi saran sampai ada kepastian hukum MK, bisa juga, saat yang tepat masing-masing menyatakan secara gentleman bahwa menerima apapaun keputusan dari MK. Tapi sekarang ini lebih bagus momentumnya," ujarnya.


Terlepas dari dorongan agar Jokowi dan Prabowo bertemu, Mahfud juga berpesan kepada khatib salat Idul Fitri untuk menyampaikan khotbah yang isinya membawa kesejukan bagi umat.

"Diisi pesan-pesan persahabatan, pesan persatuan," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed