detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 16:46 WIB

Teror Bom Kartasura

Buya Syafii: Islam Lahir untuk Bangun Peradaban bukan Kebiadaban

Ristu Hanafi - detikNews
Buya Syafii: Islam Lahir untuk Bangun Peradaban bukan Kebiadaban Buya Syafii Maarif. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii angkat bicara mengenai peristiwa teror bom di pos polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurut Buya, banyak faktor yang melatari masih adanya aksi teror bom di Indonesia.

"Orang-orang yang kalap, kita sedih (jika) mereka memakai agama, seakan-akan itu perintah Tuhan. Saya katakan Islam lahir, atau agama pada umumnya, untuk membangun peradaban, bukan kebiadaban," kata Buya ditemui wartawan di kompleks kediamannya di Gamping, Sleman, Selasa (4/6/2019).

Menurut Buya, aksi teror salah satunya juga adanya pengaruh ideologi impor. Selain itu juga pengaruh informasi liar tak bertanggung jawab yang tersebar melalui media sosial.


"Terpengaruh ideologi impor saya katakan (kemungkinan) iya, di negara asalnya berantakan tapi di sini laku, itu aneh," ujar Buya.

"(Masyarakat) pakai akal sehat, jangan terpengaruh medsos yang isinya sangat liar sekali," lanjutnya.

Buya pun mengimbau semua pihak untuk menahan diri dan tidak panik. Jangan sampai ada provokasi yang memicu terganggunya situasi dan kondisi kamtibmas. Apalagi saat ini masih terasa ekses dari dinamika Pemilu 2019.


"Masih terasa kaitannya isu Pemilu, kita masih berada di dinamika politik. Jangan ada yang memperparah keadaan," imbuh Buya.

Selain itu, Buya berharap pemerintah dan aparat keamanan mengantisipasi adanya penumpang gelap yang memiliki kepentingan untuk memecah belah bangsa Indonesia.


Simak Juga "Pelaku Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasura Terpapar Paham ISIS":

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com