detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 15:58 WIB

Arus Lalin Meningkat, Truk Dominasi Jalur Mudik di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Arus Lalin Meningkat, Truk Dominasi Jalur Mudik di Kudus Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Jalur Pantura di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memasuki H-6 Lebaran, tingkat kepadatan kendaraan sudah mulai terlihat. Kepadatan terjadi akibat bertambahnya jumlah kendaraan besar pengangkut barang yang melintas di daerah tersebut.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ikrar Potawari mengatakan, ada peningkatan volume kendaraan yang melintasi jalur mudik Kudus.

"Iya mas, ada peningkatan (volume kendaraan). Kebetulan hari Kamis itu banyak truk yang melintas," terang Ikrar kepada detikcom via pesan pendek, Kamis siang.

Kendati arus lalu lintas mudik dipenuhi kendaraan lain seperti sepeda motor hingga bus dan mobil keluarga, namun truk lebih mendominasi hari ini.

Pantauan Detikcom di jalur pantura perbatasan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati, Kamis pukul 13.30 WIB, truk terlihat memenuhi jalan. Mereka melaju cepat. Bahkan beberapa kali terlihat saling mendahului.

Tidak banyak truk yang berhenti di tepi jalan sepanjang jalur tersebut. Hanya di beberapa SPBU, terlihat satu, hingga tiga truk terparkir.

"Rabu dan Kamis itu masih dominasi truk. Karena mulai nanti malam, truk besar gka boleh lewat sampai tanggal 2 Juni," terang Ikrar lebih lanjut.

Menurutnya, truk yang tetap boleh melintas adalah truk muatan BBM dan sembako. Dia menegaskan truk yang melanggar akan dimasukkan ke kantong parkir.

"Dimasukin kantong parkir aja. Kalau masih ngeyel ditilang. Atau bisa juga, truk melanggar akan dipaksa masuk terminal truk Klaling dan terminal kargo di depan Terminal Bus Induk Jati Kudus," pungkas dia.



Simak Juga 'Update! Antrean Panjang di GT Cikampek Utama':

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed