detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 15:34 WIB

Pengelola Antisipasi Rest Area Overload Pemudik di Tol Batang

Robby Bernardi - detikNews
Pengelola Antisipasi Rest Area Overload Pemudik di Tol Batang Foto: Robby Bernardi/detikcom
Batang - Pemudik hari ini mulai melakukan perjalanan mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui tol Trans Jawa. Diperkirakan akan terus terjadi peningkatan hingga beberapa ke depan.

Untuk mengantisipasi adanya overload akibat peningkatan arus kendaraan yang masuk ke rest area KM 344, pihak pengelola rest area telah menyediakan lahan cadangan sebagai tempat parkir. Lahan cadangan yang disediakan ini bisa menampung hampir 200-an kendaraan pemudik .

"Ya kita tadi sudah mendengar rest area sebelum ini ditutup karena overload. Kita sudah antisipasi pemudik yang menuju ke sini dengan menyediakan lahan cadangan," kata Pengelola Rest Area Km 344, Candi Areng, Batang, Sartono saat ditemui detikcom Kamis (30/5/2019).
Sartono Pengelola Rest Area Sartono Pengelola Rest Area Foto: Robby Bernardi/detikcom

Sedianya di rest area km 344 Candi Areng tersebut merupakan rest area fungsional yang hanya menampung kendaraan sekitar 300 kendaraan. Namun kenyataan jumlah kendaraan yang masuk melebihi kapasitas.

Sedangkan untuk kebutuhan BBM, menurut Sartono pihak Pertamina telah menyiapkan dua dispenser untuk memenuhi kebutuhan BBM pemudik dan sewaktu-waktu bisa ditambah lagi .

"Dari pihak Pertamina ada dua dispenser dan dua unit mobil tangki yang masing-masing berkapastitas 8 ribu KL. Saat ini mencukupi," kata Sartono.

Untuk ketersediaan fasilitas umum di rest area hingga Kamis siang ini juga belum ada keluhan dari pemudik. Hanya saja memang ada sedikit antrian pada pengisian BBM dan toilet.

"Untuk air bersih kita akan selalu sediakan. Ada tandon cadangan setiap kali panampung air habis langsung kita suplay," tambahnya.

Sedangkan untuk pemudik yang kehabisan saldo e-tol, di rest area ini ada tiga agent yang menyiapkan pengisian e-tol termasuk dari dua mini market dan salah satu bank.


Tol Batang-Semarang Membentang, Rumah Makan 'Tinggal Kenangan', Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



(bgk/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com