DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 15:16 WIB

Prabowo Ziarah ke Makam Pak Harto Ditemani Anaknya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Prabowo Ziarah ke Makam Pak Harto Ditemani Anaknya Prabowo ziarah ke makam Pak Harto (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar - Capres Prabowo Subianto berziarah ke makam Presiden ke-2 Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Senin (27/5/2019). Mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo, Prabowo langsung menuju makam.

Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba pukul 13.30 WIB. Terlihat dia mengenakan baju safari warna cokelat dan celana hitam serta kacamata hitam. Prabowo kemudian mengenakan peci hitam saat berjalan menuju makam.

Datang bersama Prabowo, putranya dari Titiek Soeharto, Didit Prabowo. Kemudian hadir pula mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid dan Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro.


Mereka disambut para kader Partai Gerindra dan pendukung paslon 02. Sempat menyalami beberapa orang, Prabowo kemudian langsung masuk ke dalam area pemakaman Soeharto dan Tien Soeharto.

"Ziarah dulu ya," kata salah satu petugas pengamanan sambil menghalau pendukung yang ingin bersalaman.
Prabowo Ziarah ke Makam Pak Harto Ditemani AnaknyaPrabowo ziarah ke makam Pak Harto (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Prabowo keluar dari makam sekitar 20 menit kemudian. Dia lalu menuju ke tempat berisitirahat di Wisma Lerem selama beberapa saat. Kemudian dia meninggalkan lokasi pukul 14.30 WIB.


Juru kunci Astana Giribangun, Sukirno, mengatakan Prabowo datang khusus untuk berdoa. Selain ke makam mertuanya, dia juga ziarah ke makam orang tua Ibu Tien Soeharto.

"Tadi bersama Mas Didit, anaknya. Beliau juga ke makam orang tua Ibu Tien, KPH Soemoharjomo dan BRAy Hatmanti Hatmohoedojo, dan makam kakak Ibu Tien," kata Sukirno.

Sekretaris Gerindra Jateng, Sriyanto yang turut menjemput di Bandara Adi Soemarmo Solo, mengatakan kegiatan Prabowo di sekitar Solo ialah acara keluarga. Tujuannya hanya berziarah di kompleks makam keluarga Pura Mangkunegaran itu.

"Hanya acara keluarga. Tadi dari Jakarta, turun di Solo langsung ke sini (Astana Giribangun). Setelah ini langsung pulang," katanya.


Simak Juga "Mba Tutut Ungkap Pesan Terakhir Pak Harto":

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed