detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 18:06 WIB

Lolos Audit, 2 Bandara di Yogya Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Ristu Hanafi - detikNews
Lolos Audit, 2 Bandara di Yogya Dioperasikan untuk Mudik Lebaran Bandara Yogyakarta International Airport (Foto: Ristu Hanafi)
Sleman - AirNav Indonesia memastikan dua bandara di Yogyakarta, Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA) bisa beroperasi berbarengan selama masa mudik Lebaran 2019. Fasilitas di dua bandara itu telah lolos audit dari Kementerian Perhubungan.

"Bandara Adisutjipto, semua fasilitas sudah diaudit oleh regulator, dalam keadaan bagus. YIA juga sudah dicek, siap untuk melayani penerbangan," kata General Manager AirNav Indonesia Cabang Yogyakarta, Nono Sunaryadi, kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, beroperasinya dua bandara itu bisa melayani lonjakan penumpang di masa peak season Lebaran.


"Pengaturan lalu lintas udara, di Adisutjipto dan YIA terpisah. Masing-masing memiliki SOP sehingga petugas bisa melayani dengan safety, kenyamanan, dan kelancaran," jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan terdapat 22 penerbangan tambahan (extra flight) yang telah disiapkan untuk menyambut libur panjang Lebaran 2019.


Penerbangan tambahan berasal dari 4 maskapai, yaitu Air Asia, Express Air, Lion Air dan Sriwijaya Air dengan rute Jakarta, Bali, Balikpapan, Makassar, Samarinda dan Pontianak.

"Sejumlah 13 tambahan penerbangan akan melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo yang saat ini melayani penerbangan Citilink HLP-YIA-HLP dan 9 tambahan penerbangan akan melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta," kata Pandu.


Lihat juga video 'Pesawat Citilink Mendarat Mulus di Bandara Baru DIY'

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com