detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 14:32 WIB

Jelang Arus Mudik, Bus di Rembang Dicek Kelayakannya

Arif Syaefudin - detikNews
Jelang Arus Mudik, Bus di Rembang Dicek Kelayakannya Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Sejumlah kendaraan angkutan umum yang melintasi wilayah Pantura Kabupaten Rembang diberhentikan sejenak untuk diperiksa kelayakannya di area terminal Kota Rembang. Pemeriksaan yang dilakukan oleh kepolisian, dinas perhubungan dan dinas kesehatan Kabupaten Rembang untuk memeriksa kondisi fisik armada bus dan pengemudi menjelang lebaran.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang, Daenuri menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi sasaran pemeriksaan tersebut. Mulai dari kelengkapan administrasi berkendara, kondisi kendaraan dan perlengkapan cadangan kendaraan.

"Ada tiga hal yang kami periksa. Pertama kelengakpan administrasi seperti surat-suray kendaraan dan sopirnya, serta perijinannya juga. Kemudian kondisi kendaraan secara garis besar adalah kondisi fisik armada. Ketiga adalah kelengkapan alat cadangan seperti ban serep harus ada anginnya, dongkrak, kotak P3K, apar, dan alat pemecah kaca," kata Daenuri kepada wartawan.
Pemeriksaan bus jelang arus mudik di RembangPemeriksaan bus jelang arus mudik di Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Selain ketiga unsur tersebut, dalam razia tersebut sang sopir juga menjalani tes kesehatan. Mulai dari cek tekanan darah, samlai tes urine untuk memastikan apakah sang sopir terbebas dari pengaruh narkoba atau tidak.

"Ini sebagai upaya kami untuk meminimalkan resiko kejadian selama arus mudik 2019 ini berlangsung. Sehingga selepas mereka menjalani pemeriksaan ini mereka dapat dinyatakan layak atau laik pakai sebagai armada mudik," tambah Daenuri.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Rembang AKP Roy Irawan megatakan pihaknya melakukan tindakan penilangan terhadap dua unit armada angkutan umum karena tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat kendaraan.

"Kalau untuk narkoba nihil, untuk pelanggaran yang ditilang Polri 2, tidak bawa STNK karena dibawa sopir yang asli. Tidak ditilang, tapi ditulis dalam formulir diberi peringatan untuk dilengkapi. Yang lengkap diberikan stiker layak sebagai angkutan mudik 2019," paparnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed