detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 14:35 WIB

Jalur Tengah dan Selatan di Jawa Tengah Siap Dilalui Pemudik

Arbi Anugrah - detikNews
Jalur Tengah dan Selatan di Jawa Tengah Siap Dilalui Pemudik Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Banyumas - Menjelang arus mudik 2019, sejumlah ruas jalan nasional yang melalui jalur Tengah hingga jalur Selatan, Jawa Tengah di wilayah Banyumas siap dilalui kendaraan.

Dari pantauan detikcom disepanjang jalan nasional mulai dari jalur tengah perbatasan Brebes-Banyumas di Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen hingga Desa Kecila, kecamatan Kemranjen atau sekitar 55 kilometer, seluruh jalan nasional sudah sangat baik.

Seperti sepanjang jalan dari perbatasan Banyumas hingga simpang tiga Ajibarang sudah sangat baik karena sudah menggunakan beton. Berbeda dari sebelumnya yang menggunakan konstruksi hotmix dan mengakibatkan banyak jalan berlubang serta bergelombang.

Memasuki simpang tiga Ajibarang hingga simpang empat Wangon, kondisi jalan sangat baik dengan aspal hotmix. Dijalan tersebut pemudik juga diharapkan berhati-hati karena terdapat banyak tikungan dan terdapat jalan yang rawan longsor. Meskipun demikian rambu rambu petunjuk dan keamanan sudah terpasang disepanjang jalan tersebut.

Memasuki simpang empat Wangon atau simpang pertemuan antara jalur tengah dari arah Pantura dengan jalur Selatan dari arah Bandung menuju Yogyakarta. Disini diperkirakan kepadatan kendaraan mulai sedikit terasa, karena bertemunya dua arus kendaraan menuju satu arah ke Yogyakarta.
jalur selatanjalur selatan Foto: Arbi Anungrah/detikcom

Disepanjang jalan tersebut dalam pantauan detikcom masih terdapat penutupan separuh jalan dengan akibat adanya pengerjaan konstruksi beton, tepatnya di Desa Kelapagading, Wangon sepanjang 800 meter. Meskipun demikian seluruh pengerjaan telah selesai dilakukan, tinggal finishing menunggu beton kering dan jalan dapat dibuka.

Dari Wangon hingga simpang empat Buntu, Kemranjen ada beberapa titik aspal jalan yang sedikit bergelombang karena aspal yang tambal sulam. Namun tidak menjadi kendala berarti, hanya perlu cukup berhati hati saat berkendara. Beberapa titik jalan ada yang telah menggunakan konstruksi beton dan ada jalan yang masih di aspal. Namun secara pantauan jalan sudah sangat baik dan sangat siap dilalui pemudik.

Kemudian dari simpang empat Buntu menuju Sumpiuh masih terdapat pengerjaan konstruksi beton, tepatnya di Desa Kecila, Kemranjen. Diperkirakan seluruh pengerjaan jalan tersebut akan selesai pada H-14 Lebaran.

Melihat jalan lintas Tengah dan Selatan Jawa Tengah yang sudah baik ini, Kasatlantas Polres Banyumas, AKP Himawan Aji Angga mengatakan jika pihak Kepolisian tetap menghimbau pemudik nantinya agar lebih berhati-hati. Pasalnya berkaca dari tahun sebelumnya, titik lelah para pemudik berada di wilayah Banyumas, sehingga tingkat kecelakaan sering terjadi.

"Untuk rawan kecelakaan informasi terakhir di daerah Sumpiuh tapi kita sudah kasih himbauan disitu dan di banyak titik rawan kecelakaan agar masyarakat dapat lebih hati hati lagi. Kita juga akan menyiapkan rest area untuk pemudik beristirahat nantinya di daerah Ajibarang dan Sumpiuh," ujar Himawan.

(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com