DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 18:46 WIB

Mudik lewat Jalur Pantura Pekalongan, Waspadai Tiga Titik Ini

Robby Bernardi - detikNews
Mudik lewat Jalur Pantura Pekalongan, Waspadai Tiga Titik Ini Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Bagi anda yang akan mudik dengan melintas jalur Pantura Pekalongan, ada tiga titik yang perlu diwaspadai, karena rawan kemacetan. Tiga titik tersebut yakni SPBU Kauman Wiradesa, Pasar Wiradesa dan Internasional Batik Center (IBC) Wiradesa.

Kasat lantas Polres Pekalongan yakni AKP Ari Prayitno kepada detikcom, Senin (14/5) sore, di jalur Pantura Gumawang Wiradesa mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan titik macet. Di titik-titik tersebut akan menjadi perhatian pihaknya mengingat sebagai titik rawan kemacetan.

"Di SPBU Kauman, biasanya sebagai rest area pemotor dan mobil, yang juga dimanfaatkan untuk mengisi bahan bakar. Disini kerap terjadi penumpukkan kendaraan yang hendak masuk SPBU hingga di jalur Pantura," katanya.
Jalur Pantura PekalonganJalur Pantura Pekalongan Foto: Robby Bernardi/detikcom

Sedangkan titik kedua yakni di depan Pasar Wiradesa. Di depan pasar wiradesa ini terjadi penyeberangan masyarakat yang hendak maupun dari Pasar Wiradesa. Kendati bertahun-tahun terjadi titik kemacetan di depan pasar ini, hingga saat ini belum ada rencana pembuatan jembatan penyeberangan.

'Kita akan kawal penyeberangan warga yang akan maupun dari Pasar Wiradesa. Disitu ada posko polisi yang akan membantu warga menyebrang," katanya .

Sedangkan titik terakir yakni di depan pasar batik IBC. Selain warga lokal di depan pasar batik setempat juga kerap dijadikan penyeberangan pemudik untuk beristirahat maupun untuk belanja batik.

"Sudah kita petakan semuanya dan menjadi perhatian kita. Di tiga titik ini juga kami siagakan petugas kepolsiian sebagai antisipasi adanya kemacetan panjang untuk cepat mengurai," jelas Ari.

Ari mengatakan untuk kondisi jalur Pantura sendiri sudah aman dialui. Beberapa jalur yang berlubang telah ditambal oleh petugas terkait.

"Kita mengimbau untuk pemudik yang melintas jalur Pantura untuk senantiasa berhati-hati dan tidak perlu dipaksakan bila kondisi mengantuk. Disepanjang jalan disediakan rest area," tambahnya.



Simak Juga 'Mau Mudik Lewat Jalur Darat? Waspadai Titik Kemacetan Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed