DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 11:20 WIB

Kapolda DIY: Belum Ada yang Ajukan Izin Demo 22 Mei di Yogya

Usman Hadi - detikNews
Kapolda DIY: Belum Ada yang Ajukan Izin Demo 22 Mei di Yogya Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Sejumlah massa berencana menggelar demonstrasi di Jakarta saat KPU RI mengumumkan hasil Pemilu 2019. Tampaknya aksi serupa tak akan terjadi di Yogyakarta. Sebab sampai detik ini belum ada warga yang mengajukan izin demo ke polisi.

"Sampai dengan sekarang tidak ada elemen-elemen yang (berencana) melakukan aksi, sampai dengan sekarang. Mudah-mudahan dengan begitu situasinya (Yogya) tetap kondusif ya," ujar Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri di Yogyakarta, Senin (20/5/2019).

"Belum, belum ada (elemen masyarakat yang mengajukan izin demo). Ya kita doakan saja, kalau di Yogya mudah-mudahan aman saja. Kita semua berdoa tanggal 22 Mei nanti hasil keputusan KPU dapat diterima dengan baik oleh semua pihak," lanjutnya.

Meski belum ada warga yang mengajukan izin demonstrasi, namun aparat kepolisian di DIY tetap bersiaga dengan segala kemungkinan. Sejumlah personel keamanan juga telah disiagakan di Kantor KPU dan Bawaslu DIY.

"Ya itu sudah dari kemarin-kemarin menjadi protap kita. Jadi kantor KPU (DIY), kantor Bawaslu (DIY) sudah menjadi fokus pengamanan kita dari awal, dari sebelum pelaksanaan Pemilu pun sudah kita amankan," tuturnya.


"Kalau hari-hari biasa ada satu peleton yang di KPU. Tapi kalau melihat perkembangan situasi misalnya, sudah kita siapkan juga. Tapi mudah-mudahan sekali lagi dengan perkembangan sampai dengan sekarang masih tetap kondusif," sambungnya.

Sementara menjelang 22 Mei 2019, Dofiri mengimbau masyarakat Yogyakarta menerima apapun hasil keputusan KPU. Ia meminta segenap elemen masyarakat Yogyakarta untuk bersikap dewasa dalam menyikapi hasil Pemilu.

"Mudah-mudahan semua pihak bisa saling menjaga ya, dan bersikap dewasa untuk menyikapi pelaksanaan rekapitulasi akhir dari KPU tanggal 22 Mei," tutupnya.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed