DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 15:22 WIB

Jelang Mudik, Perbaikan Retak dan Berlubang Jalur Pantura Kudus Dikebut

Akrom Hazami - detikNews
Jelang Mudik, Perbaikan Retak dan Berlubang Jalur Pantura Kudus Dikebut Jalur lingkar di Mejobo, Kabupaten Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Semakin dekatnya masa arus mudik, sebagian besar jalur nasional atau pantura di Kabupaten Kudus, telah mulus. Namun masih ditemukan permukaan jalan yang berlubang, retak, dan bergelombang.

Permukaan jalan beton yang masih rusak itu terpantau di jalan lingkar Mejobo, Payaman dan sekitarnya. Bagi pemudik yang melintasi titik ini agar lebih berhati-hati.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Trengguli-Kudus-Pati-Rembang-Batas Jatim, Suratno menjelaskan, di jalan lingkar memang ada titik jalan yang pecah-pecah. Pihaknya menangani kerusakan jalan dengan menutupnya memakai aspal.

"Rigid di lingkar Kudus banyak yang pecah-pecah, sementara kita tutup dengan aspal," kata Suratno dikonfirmasi detikcom via pesan pendek, Kamis (16/5/2019).

Pantauan Kamis siang, memang ada beberapa permukaan jalan lingkar yang retak, hingga berlubang, telah ditutup aspal. Seperti yang terlihat di Desa Gulang. Namun penutupan aspalnya tak rata. Sehingga saat melintas jalan, akan terasa tak mulus.


"Perbaikan permanen setelah Lebaran," imbuh Suratno.

Sedangkan untuk jalan aspal yang berlubang, kata dia, sampai saat ini terus dilakukan perbaikan. Jalan dengan permukaan berlubang ditemui di beberapa titik di antaranya di Tenggeles dan Ngembalrejo.

"Penutupan lubang jalan terus sebelum H-10 harus selesai," ucap Suratno.

Dia mengklaim jika jalur pantura timur Jateng di wilayah Trengguli, Demak, Kudus, Pati, Rembang, siap untuk dilalui pemudik nanti.

"Kondisi pantura timur sudah siap untuk mudik Lebaran," imbuhnya.


"Saat ini masih ada kegiatan perbaikan rigid di Batangan (Pati) dan pekerjaan dan aspal di KM 117 setelah Rembang (ke arah Pati). Untuk Ngembal (Kudus) sudah selesai aspal. Sudah mulus 1 lapis, dilanjut setelah Lebaran," ujar Suratnom.

Pihaknya mengimbau ke pemudik hati-hati di jalan terutama untuk Pati, Rembang yang merupakan titik lelah.

"Titik lelah itu istirahat jika ngantuk. Bisa mampir di posko terdekat," ucapnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed