detikNews
Selasa 14 Mei 2019, 16:26 WIB

Ini Dia Prediksi Titik Macet di Kota Semarang Saat Musim Mudik

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ini Dia Prediksi Titik Macet di Kota Semarang Saat Musim Mudik Simpang Lima, Semarang. Foto: Nfadils/d'Traveler
Semarang - Pintu Tol Kalikangkung dan Tol Banyumanik Semarang menjadi yang paling diantisipasi pada arus mudik tahun ini. Tiga titik keramaian dalam Kota Semarang juga diperhatikan agar tidak menimbulkan kemacetan.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan prediksi puncak kepadatan yaitu mulai H-2 hingga H+1 Lebaran. Saat itu anggotanya akan fokus pada rekayasa lalulintas dan pengaturan.

"Prediksi akan crowded di Banyumanik. Untuk Kalikangkung ada 17 gate ditambah 8 gate satelit. Di Banyumanik karena hanya 12 gate akan kooridinasi dengan Transmarga Jateng," kata Ardi, Selasa (14/5/2019).

Jika ada kepadatan lebih dari 3 kilometer, lanjut Ardi maka exit Tol Kaliwungu jadi solusinya.

"Untuk strategi pengalihan arus manakala terjadi kepadatan lebih dari 3 KM di gerbang tol di Kalikangkung, maka kendaraan yang arah Barat dari Jakarta akan kita keluarkan di exit tol Kaliwungu, yang akan keluar di Kebon Binatang Mangkang," jelasnya.


Selain jalur tol, polisi juga akan memperhatikan Pantura Semarang terutama di daerah Genuk yang kerap direndam rob atau banjir. Ardi sudah berkoordinasi dengan BBWS untuk mengantisipasi hal itu.

"Untuk Genuk kita sudah berkoordinasi dengan BBWS karena kita ketahui bersama karena saat ini sering terjadi rob, dimana akibat dari ketidakmampuan operasional pompa pompa yang ada. Oleh karena itu BBWS sudah kita atensi untuk mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi arus mudik," imbuh Ardi.

Untuk wilayah kota, ada titik titik yang diprediksi akan padat yaitu Simpang Lima, Tugu Muda, dan ujung Mall Paragon. Untuk Jalan Kyai Saleh yang merupakan jalan menuju pemakaman Bergota dekat Jalan Pandanaran, rencananya akan diberlakukan searah.


"Di saat lebaran tentunya banyak yang akan berziarah ke Bergota. Maka untuk ruas Jalan Kyai Saleh tentunya akan kita lakukan rekayasa berupa satu arah dan teknisnya akan kita rapatkan kemudian," pungkas Ardi.

Untuk pemantauan, Ardi menyebutkan ada 13 poskotis yang dibangun dengan pusat di Tol Kalikangkung. Jumlah tersebut termasuk di Bandara, Pelabuban, dan Stasiun.

"Puncak arus lalulintas nanti diperkirakan pada H-2 sampai dengan H+1. Jadi betul betul kita fokus untuk melaksanakan rekayasa dan pengaturan lalulintas," ujarnya.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed