Masih Ditemukan Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan di Pasar Batang

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 14 Mei 2019 15:03 WIB
Uji sampel makanan di Pasar Induk Batang (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Uji sampel makanan di Pasar Induk Batang (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang - Kendati setiap tahun dilakukan razia makanan yang mengandung bahan berbahaya, namun selalu saja ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Di Pasar Induk Batang, makanan mengandung bahan kimia berbahaya masih juga beredar.

Saat tim gabungan melakukan pengujian pada sampel makanan yang dijual di Pasar Induk Batang, Selasa (14/5/2019), ditemukan kandungan rhodamin dan formalin.

"Dari sempel ager-ager warna merah menggunakan pewarna rhodamin sekitar level 1 dan 2. Walaupun ditemukan sedikit namun sangat sangat berpengaruh pada kesehatan," kata Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dinas Kesehatan Batang, Riza Zakia.


Pada sampel teri nasi, terdapat kandungan formalin sangat tinggi. "Rhodamin dan formalin ini apabila dikonsumsi oleh manusia secara terus menerus akan meracuni tubuh kita, dan menyebabkan penyakit kanker," tambah Riza Zakia.

Sementara itu salah satu pedagang ikan asin, Agus Rivano, mengaku hanya menjadi pedagang dan tidak tahu soal kandungan zat kimia berbahaya itu. Sebagai pedagang, dia menegaskan tidak mungkin berniat merugikan pelanggan dengan menjual barang berbahaya untuk dikonsumsi.

"Kalau memang dari hasil pemeriksaan mengandung formalin atau zat bahan kimia lainya, saya tidak lagi mengambil atau menjual ikannya lagi," kata Agus. (mbr/mbr)