KPU Jateng Beberkan Kendala Penyelesaian Perhitungan Suara

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 17:16 WIB
(Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Semarang - KPU Jawa Tengah berusaha merampungkan rekapitulasi 35 Kabupaten Kota hari ini. Namun saat ini ada 2 kabupaten yang ditunda perhitungannya karena ada masalah.

Hingga sore ini sudah 31 daerah yang perhitungannya diselesaikan, ada 2 daerah yang belum dan 2 daerah hang perhitungannya ditunda yaitu Sukoharjo dan Brebes yang seharusnya selesai kemarin namun di rampungkan hari ini.

"Kemarin ada penundaan untuk Sukoharjo dan Brebes karena memang ada sengketa di Bawaslu dan sudah ada putusan, sudah dieksekusi, nanti tinggal disampaikan," kata Komisioner KPU Jateng Paulus Widiyantoro, di kantornya, Jumat (10/5/2019).


Ia menjelaskan, permasalah yang kerap muncul yaitu administratif dan bisa diatasi antara lain soal salah input data atau selisih atau salah penulisan.

"Misalnya, data disabilitas itu kan sudah ada SK nya di DPT ada berapa, itu kadang-kadang ada salah info, misalkan seharusnya 1 kabupaten disabilitasnya ada 973 tertulisnya 950. Sehingga harus dicari di TPS mana selisihnya," jelasnya.


Sementara itu unjuk rasa juga mengiringi rapat rekapitulasi perhitungan suara. Massa yang berdemo ingin ke kantor KPU Jateng namun akhirnya dimediasi polisi ada 20 perwakilan aksi yang diperbolehkan menyampaikan aspirasi ke kantor KPU Jateng.


Update Real Count Pilpres 2019!:

(alg/mbr)