detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 13:36 WIB

Info Mudik 2019

Tol Pemalang-Batang Tak Punya Rest Area, Ini yang Dilakukan Pengelola

Robby Bernardi - detikNews
Tol Pemalang-Batang Tak Punya Rest Area, Ini yang Dilakukan Pengelola (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang - Bagi pemudik yang akan melintas jalur tol Pemalang-Batang, rest area selalu ditanyakan. Jalur tol Pemalang Batang Tol Road (PBTR) sepanjang 39 km tersebut, selama beroperasional memang belum dilengkapi dengan rest area permanen. Ini yang dilakukan pihak pengelola menyambut mudik lebaran 2019.

Rest area permanen yang bisa ditemukan dalam perjalanan dari Jakarta ke arah Semarang sebelum masuk Tol Pemalang-Batang yakni di Kertasari (Tegal) masuk wilayah Tol Pejagan-Pemalang. Pada mudik tahun lalu, PBTR hanya menyediakan dua titik rest area fungsional yakni di KM 321 di Kelangdepok (Pemalang) dan rest area di KM344 Candiareng (Batang).

Pimpro PBTR, Aminnudin, mengatakan untuk arus mudik tahun 2019 ini pihaknya juga akan membuat rest area fungsional di dua lokasi namun masih satu titik. "Satu lokasi rest area untuk arah kendaraan menuju ke barat (Jakarta) dan satu lokasi untuk kendaraan menuju ke timur (Semarang)," kata Aminudin, kepada detikcom, Jumat (10/5/2019).
Tol Pemalang-Batang Tak Punya Rest Area, Ini yang Dilakukan PengelolaPembuatan rest area fungsional (Foto: Robby Bernardi/detikcom)


Kedua lokasi rest area yang nantinya akan mengapit jalur tol tersebut berada di titik Candiareng. Rest area fungsional di KM 344 ini seluas 6 hektar yang terletak di Desa Candiareng, Kecamatan Warungasem, Batang.

"Seperti tahun lalu kita buat rest area di KM 344. Kita sudah mengantisipasi membludaknya pengguna tol, jadi akan kita maksimalkan luas lahan 6 hektar setempat," kata dia.


Menurut Aminudin, di rest area tersebut akan bisa menampung kendaraan sekitar 200 unit, dengan fasilitas standar rest area seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat ini tengah dilakukan tahapan pembangunan rest area fungsional tersebut.

"Ini masih dilakukan pembangunan fasilitas MCK. Dengan fasilitas yang standar kita jadwalkan pembangunan rest area akan selesai pada H-15 mendatang," tambah Aminudin.



Simak Juga 'Mudik Lebaran, Ini Skenario Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com