3 Eks Bupati Diperkirakan Gagal ke Senayan Lewat Dapil Jateng IV

Muchus Budi R. - detikNews
Kamis, 25 Apr 2019 15:16 WIB
(Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Yogyakarta - Dari tujuh kursi yang diperebutkan di Dapil Jateng IV Pemilu 2019, 3 di antaranya diborong oleh PDIP. Sedangkan 3 mantan bupati yang mengadu peruntungan, diperkirakan akan gagal terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil yang meliputi Wonogiri, Karanganyar dan Sragen tersebut.

Penghitungan yang dilakukan oleh sejumlah tim bentukan caleg maupun oleh parpol, semuanya menempatkan hasil bahwa dari tujuh kursi yang diperebutkan, tiga di antaranya menjadi milik PDIP. Sedangkan empat kursi lainnya diambil oleh Partai Golkar, PKS, dan PKB masing-masing satu kursi. Sedangkan satu kursi lainnya masih diperebutkan oleh Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PAN.

Sejumlah sumber internal PDIP maupun parpol lain menyebutkan bahwa ketiga caleg yang mendapat perolehan suara terbesar dari PDI Perjuangan adalah Bambang Wuryanto (Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng/petahana), Agustina Wilujeng Pramestuti (caleg petahana) dan Paryono (eks Wabup Karanganyar).


Mantan Bupati Wonogiri yang menjadi caleg PDIP, Danar Rahmanto, mengakui persaingan ketat di Dapilnya. Meskipun mengaku sudah mendengar adanya beberapa penghitungan yang menyebut namanya tersisih, namun dia masih menyisakan harapan, "Tunggu hasil KPU, semoga masih ada kejutan," ujarnya kepada detikcom, Kamis (25/4/2019).

Caleg Golkar yang lolos adalah Endang Maria Astuti, caleg petahana. Mantan Bupati Sragen yang menjadi caleg Partai Golkar, Agus Fatchur Rahman, sudah mengakui bahwa dirinya tidak akan terpilih. "Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada semua yang terpilih di Dapil Jateng 4," ujar Ketua DPD Partai Golkar Sragen tersebut saat dihubungi detikcom.

Mantan bupati lainnya adalah Begug Purnomosidi. Bupati dua periode di Wonogiri yang diusung PDI Perjuangan itu pada Pemilu kali ini menjadi caleg dari Partai Berkarya. Namun kali ini peruntungan tak menghampirinya. Kerabat Cendana tersebut tidak mendapat suara signifikan dalam Pemilu kali ini.


Sedangkan caleg PKS yang diperkirakan akan menuju Senayan adalah Hamid Noor Yasin. Hamid, lima tahun lalu memang telah terpilih sebagai anggota DPR RI. Namun di tengah jalan dia mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai bupati Wonogiri. Dia kalah dalam Pilbup namun kini kembali menjadi legislator.

"Dari data TPS hingga perhitungan di tingkat kecamatan ini, tren suara kami bagus. Semoga tren itu bertahan hingga perhitungan akhir di KPU nanti," ujar Hamid kepada detikcom.

Di Dapil ini juga ada nama Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono. Perolehan suara untuk partai maupun caleg, bagi Rinto dan Ferry, masih harus bersaing ketat dan menunggu hasil akhir di KPU. "Doakan saja. Sejauh ini dalam perhitungan yang kami kumpulkan dari saksi, insyaallah perolehan suara Gerindra bersaing dengan perolehan PKB," kata Ferry kepada detikcom.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu

(mbr/sip)