Ma'ruf Amin Bersyukur Suara di Basis NU Solid dan 01 Menang Tebal

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 24 Apr 2019 16:47 WIB
Ma'ruf Amin acara tasyakuran ulama di Yogyakarta. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Cawapres KH Ma'ruf Amin bersyukur suara NU kompak dalam Pilpres 2019. Dari hitung cepat sejumlah lembaga survei, di daerah basis NU seperti Jatim, Jateng dan DIY, Paslon Jokowi-Ma'ruf memang menuai kemenangan tebal.

Hari ini Ma'ruf Amin menghadiri 'silaturahim dan tasyakuran ulama atas kelancaran & kesuksesan pemilu 2019' di kediaman Habib Hilal Alaidid, Kampung Minggiran, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Sejumlah ulama memang menghadiri acara ini. Seperti Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf, Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU DIY Fahmy Akbar Idries, Habib Hilal Alaidid dan kiai sepuh lainnya. Hadir pula Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Lantas, apa yang dibicarakan?

"Oh ngobrol biasa, kiai lah, kiai dengan kiai itu ngobrolnya macam-macam, ngalor ngidul," kata Ma'ruf kepada wartawan usai acara, Rabu (24/4/2019).


Dalam pertemuan itu, lanjutnya, pengurus NU yang hadir banyak bercerita mengenai kondisi di daerahnya masing-masing. Di hadapan Ma'ruf mereka juga bersyukur karena suara NU kompak.

"Mereka semua bersyukur bahwa NU itu kompak. Dari mulai PBNU sampai ke bawah, ke ranting itu solid dan tidak terpecah semuanya. Satu untuk ikut semua pilpres dan juga dukunganya sama," tuturnya.

Berdasarkan hitung cepat Pemilu 2019, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memang unggul di wilayah yang menjadi basis nahdliyin. Di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY.

"Luar biasa itu. Ya kita sendiri tidak menduga bahwa DIY itu bisa mencapai 70%. Itu lah berkat semua ini, teman-teman dan semua elemen mendukung bisa menjadi 70% itu memang luar biasa," ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga menjelaskan maksud kedatangannya di acara 'silaturahim dan tasyakuran ulama atas kelancaran & kesuksesan pemilu 2019'. Ia hadir karena diundang Habib Hilal Alaidid.

"Saya ini diundang Habib Hilal di sini untuk bikin syukuran, maksudnya syukuran pilpres, pileg berjalan lancar. Mudah-mudahan mungkin diharapkan juga apa yang terjadi di quick count bisa juga sejalan dengan real count-nya," tutupnya. (ush/mbr)