DetikNews
Rabu 17 April 2019, 22:50 WIB

Ragukan Survei Luar, BPP DIY Berpegang Hasil Exit Poll Internal

Usman Hadi - detikNews
Ragukan Survei Luar, BPP DIY Berpegang Hasil Exit Poll Internal Foto: Usman Hadi/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Yogyakarta - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) DIY meragukan hasil survei lembaga independen yang mengunggulkan paslon 01, Jokowi-Ma'ruf. Sebab berdasarkan hasil exit poll internal BPN, paslon 02 Prabowo-Sandi berhasil unggul dalam perolehan suara.

"Ya kalau yang melakukan exit pool dan kemudian quick count adalah BPN, maka rujukan kami di BPN. Karena kami tidak punya data lain kecuali itu ya," ucap Ketua BPP DIY kepada wartawan di Kota Yogyakarta, Rabu (17/4/2019).

"Jadi kita akan lihat tentu lembaga-lembaga survei banyak yang melakukan quick count, exit poll dan sebagainya. Tetapi kita juga sudah dengar hampir semuanya itu ada yang bayar kan lembaga (survei di luar BPN) itu," lanjutnya.

[Gambas:Video 20detik]


Berbeda dengan lembaga survei independen, kata Dharma, exit poll internal BPN dibiayai secara mandiri oleh timses Prabowo. Oleh karenanya, Dharma bersikukuh bahwa perolehan suara Prabowo tetap mengungguli Jokowi.

"Jadi nanti kita lihat bagaimana realitanya. Kalau kami mempercayai apa yang sudah kami lakukan yang secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan dengan sampel yang jauh lebih kuat," ungkapnya.

Meski yakin menang, namun BPP DIY belum mengetahui perolehan suara Prabowo di DIY.

"Nanti malam kami baru akan rapat. Jadi insyaallah setelah malam ini kita bisa menyampaikan jawaban dari pertanyaan teman-teman," tutupnya.


KPU Buka Suara Usai Banyak Masyarakat Pertanyakan Hasil Quick Count, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/bgs)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed