DetikNews
Rabu 17 April 2019, 14:52 WIB

Suasana TPS Ini Jawa Banget, Ada Alunan Tembang dan Petugasnya Berblangkon

Pradito Rida Pertana - detikNews
Suasana TPS Ini Jawa Banget, Ada Alunan Tembang dan Petugasnya Berblangkon TPS 019 Desa Trirenggo, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Bantul - Berbeda dari TPS lainnya, salah satu TPS di Kabupaten Bantul mengusung konsep hajatan khas Jawa. Hal itu untuk menarik animo warga sekitar untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu kali ini.

Mengunjungi TPS 019 yang berlokasi di RT. 01 Dusun Bogoran, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, detikcom mendapati pemandangan berbeda pada pintu masuk TPS. Tampak dua buah gapura berbahan bambu dihiasi dengan janur, buah pisang dan beragam tanaman, gapura tersebut berada di pintu masuk dan pintu keluar TPS tersebut.

Sedangkan di bagian dalam TPS, tampak beberapa petugas KPPS mengenakan pakaian adat Jawa berwarna biru tua. Selain itu, alunan tembang Jawa mengiringi para petugas saat melayani pemilih di TPS 019. Di mana hal itu membuat nuansa TPS kental akan kebudayaan Jawa.

Kendati kental akan nuansa Jawa, untuk photo booth yang berada di luar TPS mengusung nuansa kekinian. Hal itu tampak dengan sebuah kotak yang bergambar postingan Instragram dan di bagian atasnya terdapat tulisan 'Say No To Golput'.

Petugas di TPS 019, Desa Trirenggo, Bantul. Petugas di TPS 019, Desa Trirenggo, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Nur Amrozi (36) mengatakan, bahwa menghias TPS dengan konsep tertentu ini baru pertama kali dilakukan. Menurutnya, ide menghias TPS dilakukan untuk meningkatkan niat masyarakat dalam menggunakan hak suara dalam Pemilu kali ini.


"Untuk konsep menghias TPS kami memilih konsep hajatan bernuansa budaya Jawa. Tujuannya untuk Kenapa? Karena kami ingin menarik animo masyarakat di sini (RT.1 Bogoran) biar pada nyoblos dan kedua juga untuk nguri-uri kabudayan (melestarikan kebudayaan) Jawa," ujarnya saat ditemui detikcom di TPS 019, RT.1 Dusun Bogoran, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Rabu (17/4/2019).

Lanjut Amrozi, untuk menyiapkan TPS bernuansa hajatan khas Jawa ini memakan waktu seminggu. Hal itu dikarenakan biaya menghias TPS tersebut berasal dari patungan warga dan pengerjaannya dilakukan secara bertahap.



"Persiapan dari H-5 Pemilu sampai tadi malam, agak lama karena dicicil pengerjaannya. Kan biaya dari sumbangan warga juga, ada yang berupa uang dan barang seperti pisang, makanan dan janur untuk hiasan di depan itu (gapura)," katanya.

"Selain itu untuk warga yang habis mencoblos kita kasih minuman vitamin C juga," imbuhnya.

Amrozi menambahkan, bahwa dengan konsep TPS yang unik ini terbukti meningkatkan antusias warga untuk datang menggunakan hak suaranya. Bahkan, ia menyebut kehadiran warga ke TPS 019 hampir 100%.

"DPT di TPS 019 ini ada 243 dan hari ini alhamdulillah 96 persen datang ke TPS," ujarnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, ia bersama petugas KPPS lainnya berencana menghias kembali TPS saat Pemilu mendatang. Namun untuk konsep yang diusung nantinya akan berbeda dengan Pemilu tahun 2019.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed