DetikNews
Rabu 17 April 2019, 14:42 WIB

TPS di Semarang Ini Mirip Pesta Pernikahan untuk Lawan Golput

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
TPS di Semarang Ini Mirip Pesta Pernikahan untuk Lawan Golput Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Semarang - Memerangi Golput dalam pemilu dilakukan oleh banyak warga Semarang dengan menghias TPS. Salah satu idenya yaitu menghias bak pesta pernikahan.

Di TPS 20 Bukit Duta RT 08 RW 04 Kelurahan Sumurboto Semarang, TPS didesain senyaman mungkin untuk menyambut para pemilih. Dibuat juga dekorasi taman kecil yang hijau lengkap dengan tempat duduk yang instagramable. Tenda juga menggunakan tenda yang mewah seperti layaknya pesta pernikahan yang besar.

Ibu ketua RT setempat, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan ide tersebut muncul ketika tahu TPS 20 awalnya berada di tengah jalan. Kemudian dimusyawarahkan agar menempati lahan kosong milik warga dan dihias.
TPS 20 di Kota Semarang dihiasi mirip pesta pernikahanTPS 20 di Kota Semarang dihiasi mirip pesta pernikahan Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Ini TPS baru, tadinya di tengah jalan. Kemudian musyawarah warga pindah di sini. Yang punya lahan mengizinkan," kata perempuan yang akrab disapa Ita tersebut, Rabu (17/4/2019).

Warga kemudian swadaya menghias TPS, bahkan ada yang urun dengan sukarela hiasan disana tanpa harus menyewa. Ita menjelaskan, konsepnya dibuat senyaman mungkin karena kemungkinan perhitungan sampai malam. Kemudian anak-anak yang menunggu orangtuanya juga bisa bermain di taman.

"Ini juga untuk menarik minat warga agar tidak golput. Terbukti ini tadi setengah 10 sudah 120 warga datang dari total DPT 230 orang," jelasnya.

Hal yang sama juga terjadi di TPS 09 Rt 2 Rw 4 Medoho Seruni, Gayansari Semarang TPS tersebut menarik perhatian karena dikonsep pesta pernikahan lengkap dengan pelaminan dan juga prasmanan.

"Ini tadi ada snack, soto, dikonsep seperti pernikahan," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sambirejo, Atmadji (59).
TPS di Kota Semarang seperti panggung pesta pernikahanTPS di Kota Semarang seperti panggung pesta pernikahan Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Kampung tersebut memang selalu menghias TPS agar mengurangi tingkat golput. Jika ada yang golput maka disebabkan oleh hal-hal mendesak.

"Kalau tidak datang saya jemput," ujar Atmadji.

Pesta demokrasi bak pesta pernikahan itu disambut baik warga karena warga nyoblos di atas pelaminan. Setelah itu warga bisa menikmati hidangan yang disediakan.



Saksikan juga video 'Unik, Petugas TPS di Bantul Kenakan Kostum Superhero':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed