DetikNews
Rabu 17 April 2019, 14:12 WIB

KPPS Bergaya Ala Koki, Nyoblos di TPS Ini Dapat Kue Apem

Robby Bernardi - detikNews
KPPS Bergaya Ala Koki, Nyoblos di TPS Ini Dapat Kue Apem Foto: Robby Bernardi/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Pekalongan - Warga menyambut antusias Pemilu 2019 ini. Ada banyak ide kreatif yang muncul saat penyelenggaraan pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Banyak cara yang dilakukan oleh petugas pemungutan suara (PPS) agar warga beramai-ramai datang ke TPS menggunakan hak suaranya. Salah satu cara dengan penampilan yang unik seperti halnya di TPS 7 Desa Srinahan, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan ini.

Para petugas di TPS 7 ini berpakaian seperti seorang juru masak/koki. Tak hanya itu, ada bonus kue apem gratis bagi warga yang telah menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan jari yang telah bertinta ungu.
TPS di Srinahan Kesesi, Kabupaten PekalonganTPS di Srinahan Kesesi, Kabupaten Pekalongan Foto: Robby Bernardi/detikcom

Bukan tidak beralasan para petugas ini menggunakan pakaian ala juru masak dan membagikan apem bagi warga setempat. Desa Srinahan sendiri terkenal merupakan sentra pembut kue apem di wilayah Pekalongan dan sekitar.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Soleh Zafudin mengatakan di TPS-nya sering membuat TPS dan kostum yang unik-unik setiap pemilu atau pesta demokrasi digelar.

'Kalau sini memang dibuat seunik mungkin (TPS), sebagai daya taik warga datang ke TPS menggunakan hak suaranya," katanya.

Pemilu yang lalu juga digelar dengan TPS unik jugayakni menggunakan kostum ala pemain bola.

"Hasilnya dari pengalaman-pengalaman sebelumnya tinggkat partisipasi warga dalam menggunakan haknya menjadi tinggi," kata Soleh.

Menurutnya warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS setempat ada 200-an lebih, dan hingga siang sudah mencapai angka hampir 60 persen.
Kue apem tersedia gratis usai memilihKue apem tersedia gratis usai memilih Foto: Robby Bernardi/detikcom

"Kita berharap sampai seratus persen hingga siang nanti ," katanya .

Sementara itu Wawan (29) salah satu warga setempat usai menggunakan hak pilihnya mengatakan TPS yang unik-unik seperti di TPS tersebut diakui sebagai daya tariknya.

"Kalau apem disini memang tempatnya. Tapi makan apem bersama-sama setelah nyoblos itu yang jarang. Ini demi kebersamaan walaupun beda pilihan," kata Wawan.

Usai mencoblos dan mencelupkan jari ditinta pemilu, warga bisa langsung mengambil satu kue apem khas Kesesi yang telah disediakan di meja dekat TPS. Minuman pelepas dahaga juga telah tersedia secara gratis semua.



Saksikan juga video 'Unik! Nyoblos di TPS Ini Serasa Berada di Negeri Tirai Bambu':

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed