Peran Offroader Distribusikan Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Aji Kusuma - detikNews
Selasa, 16 Apr 2019 16:15 WIB
Offroader Ungaran distribusikan logistik Pemilu (Foto: Aji Kusuma/detikcom)
Kabupaten Semarang - KPU Kabupaten Semarang menggandeng komunitas Ungaran Family Off-road (UFO) untuk mendistribusikan logistik Pemilu di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangakau dengan kendaraan umum. Setidaknya ada 11 TPS di daerah itu yang lokasinya sangat terpencil.

Ketua KPUD Kabupaten Semarang, Maskup Ashadi menjelaskan total ada sekitar 11 TPS yang pendistribusianya dibantu UFO. Dari 11 lokasi itu, 5 diantaranya berada di seberang Sungai Jragung yang tidak tersedia jembatan penghubung.

"Lima TPS terjauh berada di Dusun Kedungglatik, Borangan dan Sapen yang semuanya itu berada di Desa Candirejo. Total DPT dari kelima TPS itu berjumlah 1.072 pemilih tetap," ujar Maskup kepada detikcom, Selasa (16/4/2019).

Peran Offroader Distribusikan Logistik Pemilu ke Daerah TerpencilOffroader Ungaran distribusikan logistik Pemilu (Foto: Aji Kusuma/detikcom)

Tim KPU dan UFO berangkat dari kantor Kecamatan Pringapus pada pukul 09.00 WIB. Dalam pantauan detikcom, dibutuhkan waktu hampir satu setengah jam untuk sampai di Dusun Borangan dan Sapen.

Di sepanjang perjalanan yang memiliki kontur berbukit, deretan hutan jati dan kebun jagung masyarakat setempat menjadi kawan yang setia menemani perjalanan kali ini.
Peran Offroader Distribusikan Logistik Pemilu ke Daerah TerpencilOffroader Ungaran distribusikan logistik Pemilu (Foto: Aji Kusuma/detikcom)

Sementara itu, Ketua UFO, Budi Prasetyo, menjelaskan pihaknya sudah dua kali membantu pendistribusian logistik pemilu. Menurutnya, kegiatan ini menjadi sarana membantu kelancaran penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Ya kami ingin memberi manfaat kepada negara lewat hobi kami. Ada 15 kendaraan yang kami siapkan untuk perjalanan kali ini, semua demi kelancaran pemilu dan nanti juga kami kembali lagi kesini untuk memgambil hasil pemungutan suara," tandas Budi.


Simak Juga 'Melihat Distribusi Logistik Pemilu ke Desa Terpencil di Inhu Riau':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)