detikNews
Selasa 16 April 2019, 13:32 WIB

10 TPS Rawan Tak Netral di Magelang, KPU Lakukan Ini

Eko Susanto - detikNews
10 TPS Rawan Tak Netral di Magelang, KPU Lakukan Ini Pemaparan Bawaslu Kabupaten Magelang tentang TPS rawan Pemilu 2019. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Bawaslu menyebut ada 10 TPS di Kabupaten Magelang yang terindikasi rawan tak netral dalam Pemilu 2019 besok. Untuk mengantisipasinya, KPU Kabupaten Magelang melakukan beberapa langkah.

"Kalau kita sudah bintek (bimbingan teknis) ya, bintek terpadu, bintek internal beberapa kali sehingga kita sudah nyakinlah kalau teman-teman KPPS ini kan diawasi juga ada saksi. Sehingga menurut kami, kami percaya kepada seluruh jajaran kami bahwa mereka akan bertindak professional," kata Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifuddin, Selasa (16/4/2019).

Afifuddin menjelaskan peta kerawanan yang dimiliki Bawasli lebih luas dengan beberapa jenis kerawanan. Dia memastikan setiap proses di Pemilu 2019 akan diawasi.


"Kalau kita kan justru menyakinkan yang pasti setiap KPPS itu bisa bersikap tegas di dalam memimpin proses pemungutan. Yang kami harapkan seperti itu dari bintek-bintek selalu kami tegaskan begitu. Kami juga tidak menakut-nakuti teman-teman, tapi kami selalu mengingatkan saja bahwa proses itu semua diawasi," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Magelang memetakan 56 TPS di wilayah ini rawan praktik politik uang dan tidak netral.

"TPS yang masuk kategori rawan politik uang, kemudian KPPS tidak netral dan ada praktik penghinaan ada 56. Jadi, 56 TPS inilah yang kemudian mendapatkan perhatian khusus. 56 TPS, yakni ada praktik money politics atau dugaan money politics di 30 TPS, kemudian KPPS tidak nektral ada 10 TPS dan ada praktik penghinaan ada 16 TPS, total ada 56 TPS yang masuk kategori rawan. Ini tersebar di sejumlah kecamatan," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Shaleh di kantornya, Selasa (16/4).

Temuan ini didapatkan saat Bawaslu menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada 6-10 April 2019.

"Mulai tanggal 6 April sampai tanggal 10 April, Bawaslu melakukan penyusunan indeks kerawanan pemilu. Kami coba mendeteksi apa kerawanan di pemilu, kemudian apa dari kerawanan ini, kemudian kita petakan kerawanan apa saja," lanjutnya.


Saksikan juga video 'Wiranto Blak-blakan tentang Penanganan Daerah Rawan Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com