detikNews
Kamis 11 April 2019, 15:46 WIB

Derita Taswi, Janda Tua di Brebes yang Tinggal di Gubuk Reyot

Imam Suripto - detikNews
Derita Taswi, Janda Tua di Brebes yang Tinggal di Gubuk Reyot Taswi di Brebes dan gubuk reyotnya. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Seorang janda lansia di Desa Luwungbata, Tanjung, Brebes, Jawa Tengah, sudah 30 tahun hidup di sebuah gubuk reyot. Sebagai warga yang hidup di bawah garis kemiskinan, wanita tua ini tidak pernah tersentuh bantuan apapun.

Dia adalah Taswi (60), warga RT 03, RW 01, Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, Brebes. Wanita ini hidup miskin dan serba kesusahan. Dia tinggal sebatang kara di rumah yang sudah tidak layak huni. Rumah Taswi berdinding bambu dan kondisnya nyaris roboh.

Meski tergolong miskin, nenek ini belum juga tersentuh bantuan program rehab rumah tidak layak huni dari pemerintah.

Ditemui Kamis (11/4/4/2019) siang, Taswi mengaku, rumah tersebut berdiri sejak 30 tahun lalu dan hingga saat ini belum ada perbaikan.


Sepeningal suaminya, ia hidup sebatang kara karena tidak mempunyai keturuanan. Dirinya mengaku tidak mampu untuk memperbaiki rumah miliknya. "Pengin diperbaiki, tapi modalnya tidak ada. Untuk makan saja pas-pasan," ungkapnya saat ditemui dikediamannya.

Selain hampir roboh, rumah dengan ukuran 4×6 meter itu juga hanya berlantai tanah. Bagian atapnya sudah mulai berlubang. Sehingga, saat hujan turun airnya dengan mudah masuk ke dalam rumah.

"Sempat ada pamong desa yang nanya dan mengukur rumah saya. Tapi, setelah itu tidak datang lagi dan cuma nanya-nanya saja," ungkapnya.
Derita Taswi, Janda Tua di Brebes yang Tinggal di Gubuk ReyotTarwi di dalam rumahnya (Foto: Imam Suripto/detikcom)


Harapan satu satunya adalah adanya kepedulian Pemerintah Daerah untuk ikut membantu memperbaiki rumahnya. Mengingat Taswi sama sekali tidak memiliki anak dan kerabat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Luwungbata, Wirnojo, saat dikonfirmasi mengungkapkan, rencananya tahun ini ada 12 keluarga yang akan mendapatkan bantun bedah rumah dari Dana Desa (DD). Namun dirinya belum tahu nama-nama yang akan menerima bantuan.

"Total ada 15 RTLH tahun ini yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah. 12 dari DD dan 3 RTLH dari provinsi," jelasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed