DetikNews
Senin 08 April 2019, 14:34 WIB

Bayi Perempuan di Brebes Lahir dengan Dua Kepala

Imam Suripto - detikNews
Bayi Perempuan di Brebes Lahir dengan Dua Kepala Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Seorang ibu di Brebes, Jawa Tengah melahirkan bayi berkepala dua. Pihak keluarga mengaku pasrah atas kelahiran bayi tersebut karena harus dirujuk ke rumah sakit yang lengkap.

Bayi berjenis kelamin perempuan dan merupakan anak ketiga dari pasangan Amirudin (33) dan Susi (27). Keduanya merupakan warga Desa Kemukten RT 02/RW 03 Kecaamatan Kersana, Brebes. Proses persalinan dilakukan dengan sectio caesarea.

Susi melahirkan anaknya ini pada Sabtu (6/4/2019) kemarin di Rumah Sakit Permata Bunda Tanjung. Proses kelahiran bayi ini dilakukan dengan cara sesar. Saat dilahirkan, bayi tersebut memiliki bobot 4,2 kg dan panjang 46 cm.

Saat ditemui di RS Mutiara Bunda, Senin (8/4/2019) pagi, Amirudin (33) mengaku hanya bisa pasrah atas kelahiran bayinya itu. Dia menyerahkan semua urusan medis kepada pihak rumah sakit.

Menurut dia, indikasi ada kelainan sudah diketahui sejak beberapa bulan lalu. Saat pemeriksaan rutin kehamilan keluarga sudah diberitahu adanya kelainan pada anaknya.

"Sudah tahu sebelum lahir. Cuma tetap kami rawat, masa mau digugurkan kan ga mungkin," ujar Amirudin.

Saat ini, bayi itu masih dalam perawatan intensif di ruang perinatologi RS Mutiara Bunda. Pihak orang tua mengaku pasrah dan menyerahkan semua penanganan ke pihak rumah sakit.

"Sudah saya pasrahkan ke rumah rumah sakit. Kami sudah tanda tangan apapun risiko yang terjadi nanti, ujar Amirudin.

Direktur RS Mutiara Bunda, dr Linaldi Ananta menjelaskan, meski memiliki dua kepala namun bayi ini hanya memiliki satu organ seperti jantung dan paru- paru. Pihak rumah sakit, menurutnya akan segera merujuk ke rumah sakit yang lebih kompeten seperti RSU Kariadi di Semarang.

"Memang ada dua kepala, tapi dalam tubuh bayi ini memiliki satu organ dalam seperti paru dan jantung," tambah Linaldi.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed