detikNews
Jumat 05 April 2019, 11:39 WIB

Panglima TNI dan Kapolri Cek Kesiapan Pasukan Jateng Jelang Pemilu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Panglima TNI dan Kapolri Cek Kesiapan Pasukan Jateng Jelang Pemilu Panglima TNI dan Kapolri cek kesiapan pasukan jelang Pemilu 2019, Karanganyar, Jawa Tengah. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Karanganyar - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek langsung kesiapan pasukan di Jawa Tengah. Mereka memastikan aparat TNI-Polri siap mengamankan Pemilu 2019.

Pengecekan dilakukan dalam apel gabungan TNI-Polri di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Solo di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (5/4/2019). Apel dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.

Setelah apel dibuka, Panglima dan Kapolri langsung mengecek setiap satuan dari sisi timur. Hadi dan Tito menanyai pasukannya tentang tugas-tugasnya saat Pemilu 2019 nanti.

Pasukan juga ditanyai tentang pengetahuannya mengenai pemetaan pemilu di daerahnya, mulai jumlah TPS hingga daerah yang rawan. Pasukan juga wajib mengenal rekan kerja TNI-Polri di wilayahnya.

"Ada berapa TPS di wilayahmu? Mana daerah yang rawan? Apa tugasmu di TPS?" tanya Panglima yang dijawab dengan tepat oleh salah satu pasukan.


Panglima juga mewajibkan pasukan memahami netralitas dalam pelaksanaan pemilu. Dia juga meminta pasukan membawa buku putih sebagai panduan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Panglima TNI dan Kapolri cek kesiapan pasukan jelang Pemilu 2019.Panglima TNI dan Kapolri cek kesiapan pasukan jelang Pemilu 2019. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Saat mengecek pasukan Dirlantas Polda Jateng, Kapolri menanyai salah satu polwan yang bertugas menggunakan kendaraan patroli. Selain menanyai pengetahuan tentang kendaraannya, Tito juga meminta polwan tersebut praktik mengendarai motor seberat 350 kg itu.

Dalam sambutannya, Pangdam IV/Diponegoro mengatakan telah siap melaksanakan tugas pengamanan pemilu. TNI-Polri juga siap memperbaiki kekurangan-kekurangan yang masih ada.


"Dengan apel ini kami telah siap melaksanakan tugas dari Bapak Panglima dan Kapolri. Demikian juga kepada seluruh masyarakat yang hadir, masyarakat sudah melihat bahwa kami dari jajaran TNI-Polri siap melaksanakan pengamanan pemilu," ujar Mochamad Effendi.

Panglima TNI dan Kapolri cek kesiapan pasukan jelang Pemilu 2019.Panglima TNI dan Kapolri cek kesiapan pasukan jelang Pemilu 2019. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Adapun apel pasukan diikuti oleh 3.300 aparat TNI-Polri Solo Raya mewakili wilayah Jawa Tengah. Selain itu terdapat beberapa komponen masyarakat yang ikut menyaksikan apel.

Sedangkan dalam pelaksanaan pencoblosan nanti, terdapat 14.150 pasukan TNI dan 23 ribu aparat kepolisian yang siap mengamankan wilayah Jawa Tengah.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed