Hujan Lebat 2 Jam, Wilayah Cepu, Blora Banjir

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 28 Mar 2019 21:23 WIB
Foto: Dok BPBD Blora/detikcom
Foto: Dok BPBD Blora/detikcom
Blora - Hujan deras yang mengguyur wilayah Blora dan sekitarnya selama 2 jam mengakibatkan sejumlah desa di wilayah Kecamatan Cepu, Blora, terendam banjir, Kamis (28/3/19) malam.

Salah seorang warga Cepu, Ali Mustofa mengatakan, hujan deras mulai turun sejak sore hari hingga menjelang petang. Akibatnya debit air sungai Bengawan solo yang melintasi Kecamatan Cepu meluap.

"Air meluber hingga perkampungan. Warga yang mau lewat terpaksa harus berhenti atau putar arah untuk mencari jalur alternatif," kata Ali.

Dia menjelaskan air mulai menggenangi jalan hingga pemukiman warga mulai pukul 16.30 WIB. Di beberapa titik, disebutnya aliran air cukup deras. Rata-rata ketinggian air mencapai 50-70 centimeter.
Foto: Dok BPBD Blora/detikcom

"Air dari kai belakang pemukiman warga, jalan RSU mengalir deras hingga ke jalan Ronggolawe dan masuk di pemukiman Balun Kesehatan," terangnya.

Salah satu anggota Tim Respon Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Agung Tri menjelaskan, pihaknya saat ini bersama tim tengah bersiaga di titik yang dianggap paling rawan. Termasuk telah melakukan evakuasi warga untuk meminimalisir risiko terjadinya korban.

"Masih banyak lokasi yang belum termonitor. Kami masih melalukan assesment dan evakuasi," paparnya.

Hingga kini, ia mengakui masih terus melakukan pemantauan di sejumlah pemukiman warga. Sebab, ketinggian air diprediksi terus meningkat. Bahkan, salah seorang nenek dengan kondisi lumpuh juga telah dievakuasi dari pemukiman warga yang terendam banjir ke tempat evakuasi.
(bgk/bgs)