DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 20:54 WIB

Maba Undip, Nih Simak Tips Makan Irit dari Para Senior Kalian

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Maba Undip, Nih Simak Tips Makan Irit dari Para Senior Kalian (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - KampusUniversitasDiponegoro (Undip)Semarang yang beradadidaerahTembalangmerupakansurganya kuliner dan pastinya rawan boros. Buat para mahasiswa baru, ada tips irit nih dari para senior.
Jika ingin makan dengan harga "normal" dan tidak terlalu mahal, di Tembalang banyak tersedia warung penyet, harganya di bawah Rp 20 ribu sudah lengkap dengan es teh sekali makan, bisa lebih murah lagi jika menunya penyet telur.
Afiati Tsalitsati, alumni Fisip Undip membagi tips makan hemat ala anak kos. Untuk Tsali, jika kondisi kos tidak memungkinkan untuk memasak lauk sendiri, maka setidaknya memasak nasi dengan rice cooker untuk makan tiga kali sehari.
"Sehari itu masak nasi, satu setengah gelas takar buat makan sehari tiga kali, lauknya beli di warteg, kalau pas lagi bosen ya sekali waktu makan penyetan," kata Tsali kepada detikcom di Tembalang, Selasa (26/3/2019).

Dengan pola irit itu pengeluaran makan Tsali bisa ditekan rata-rata Rp 15 ribu untuk lauk. Tidak ada salahnya tips Tsali diterapkan apalagi di akhir bulan. Ia pun beranggapan kalau tinggal di kos berdapur, bisa lebih irit lagi.
"Bisa cuma Rp 15 ribu sehari. Kalau beli lauknya di warteg tiap hari bisa ganti-ganti karena banyak pilihan. Yang jelas ada sayurnya, soalnya beli sayur Rp 2 ribu bisa untuk makan 2 kali," ujar Seli.
Jika ingin nongkrong dengan modal irit, banyak warung burjo yang bisa dipilih. Burjo merupakan singkatan dari bubur kacang ijo. Tapi tidak perlu khawatir karena menunya cukup banyak termasuk makanan utama.
"Kalau di Burjo Motekar itu ada nasi ayam bali buat yangg suka pedas," ujarnya.

Warung penyet, warteg, dan warung burjo cukup banyak bertebaran di Tembalang. Jadi tidak perlu bingung atau khawatir bosan dengan citarasa.
Mahendra Rigo, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip menambahkan, maba sebaiknya rajin-rajin mencari warung murah jika ingin irit. Dari pengalamannya, ia kini sudah menemukan "tambatan hati" untuk sarapa atau makan siang yaitu di Warung Bu Bambang tak jauh dari Grand Tembalang Regency.
"Di Bu Bambang itu harganya bersahabat banget, Soto Ati pakai Telur Rebus cuma Rp 7.500. Biasanya buka sampe jam 14.00 siang," ujar mahasiswa asli Tegal itu.
Nah, untuk mahasiswa baru, bisa juga ke senior untuk rekomendasi kuliner yang sesuai dengan kantong kalian. Hati-hati, jangan tergoda untuk boros karena kuliner di Tembalang semuanya menggiurkan.



(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed