DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 17:39 WIB

TPST Piyungan Ditutup, Jasa Pengangkut Keluhkan Penumpukan Sampah

Pradito Rida Pertana - detikNews
TPST Piyungan Ditutup, Jasa Pengangkut Keluhkan Penumpukan Sampah Armada pengangkut sampah parkir di jalan menuju TPST Piyungan, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Penutupan TPST Piyungan ternyata dikeluhan para pengusaha jasa pengangkutan sampah swasta. Mereka menilai penutupan TPST itu berdampak pada banyaknya tumpukan sampah yang semestinya bisa dibuang.

"Kita sebagai anggota angkutan jasa pengangkutan sampah kesulitan buang sampahnya, terus sampah-sampah itu mau dibuang ke mana, wong menggunung gitu," ujar Ketua Paguyuban Eker-eker Golek Menir, Sodik Marwanto kepada wartawan, Selasa (26/3/2019).

"Terus banyak pertanyaan juga dari pelanggan kok ndak diambil-ambil sampahnya, padahal menumpuk," imbuhnya.


Sodik melanjutkan, bahwa ia sudah menerangkan kepada para pelanggannya bahwa TPST Piyungan ditutup dan untuk sementara waktu ia bersama rekan-rekannya belum bisa mengambil sampah-sampah tersebut. Karena itu, Sodik berharap TPST Piyungan segera dibuka kembali karena 150 armada pengangkut sampah yang berada di paguyubannya tidak dapat beroperasi.

"Saya menyayangkan penutupan (TPST Piyungan) ini, karena itu tadi sempat kumpul-kumpul di atas (jalan menuju TPST) untuk menuntut pengelola TPST agar tidak pilih-pilih," ucapnya.

"Karena kalau warga sana (sekitar TPST) buang sampah bisa, sedangkan kita kok tidak bisa. Jadi kami pikir pemerintah sudah gagal dalam menangani pengelolaan sampah (di TPST)," sambungnya.


Sodik menilai tidak semua warga menyetujui penutupan TPST Piyungan secara terus-terusan. Menurutnya, beberapa warga menggantungkan perekonomiannya dari mengais sampah di TPST Piyungan.

"Kalau saya lihat-lihat, hanya beberapa oknum yang menginginkan penutupan TPST ini, dan tidak semua warga pengen (TPST) ditutup. Karena gini, penutupan ini (TPST) kan berdampak pada kelangsungan hewan ternak dan penghasilan mereka sehari-hari," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed