DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 15:52 WIB

PPP Jateng Khawatir Suara Milenial Terpengaruh Oleh Kasus Rommy

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
PPP Jateng Khawatir Suara Milenial Terpengaruh Oleh Kasus Rommy Foto: Istimewa
semarang - PPP Jawa Tengah khawatir kasus yang menjerat Romahurmuziy atau Rommy bisa mempengaruhi elektabilitas atau dukungan dari milenial terhadap partai berlambang Kabah itu. Sebab Rommy dianggap sebagai sosok ideal di mata milenial.

Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masruhan Samsurie mengatakan OTT Rommy memang tidak berpengaruh dikalangan konstituen PPP. Namun untuk milenial, merupakan eksternal partai yang suaranya bisa terpengaruh oleh kasus itu.

"Kalau untuk eksternal, seperti pemilih milenial bisa jadi berdampak," kata Masruhan lewat pesan singkat, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya Rommy merupakan figur ideal bagi milenial karena rekam jejak pendidikannya yang merupakan lulusan ITB serta sukses memiliki usaha dan bisa bermain band.

"Kaum milenial sebetulnya sudah menemukan figur ideal pada diri Rommy yang record pendidikannya bagus, lulusan ITB dan penguasaan ilmu agamanya tak diragukan lagi, bahkan bisa ngeband dan punya beberapa usaha bisnis," ujarnya.

Namun menurut Masruhan, pengaruh itu akan terjadi pada milenial yang tidak memiliki hubungan primordial dengan PPP. Sedangkan milenial yang berhubungan langsung dengan PPP tidak akan berpengaruh.

"Milenial yang punya hubungan primordial dengan PPP, yang kita namai santri milineal, kemungkinan besar akan tetap pilih PPP. Tapi bagi milenial yang sama sekali tidak ada hubungan primordial dengan PPP kayaknya ragu untuk milih PPP," jelasnya.

Masruhan menjelaskan santri milenial yang juga dijuluki Santri Gayeng sudah membuktikan pengaruhnya pada Pilgub Jateng sehingga Ganjar-Yasin unggul. Maka untuk Pilpres 2019 mereka juga akan memenangkan Jokowi-Ma'ruf.


"Mereka anak muda berbasis pendidikan pesantren atau madrasah yang masuk PPP dan mendukung Ganjar-Yasin pada Pilgub Jateng. Kelompok ini tetap akan mendukung PPP dan pasangan Capres nomor 01 meskipun Rommy terkesan kasus," pungkas Masruhan.

Ia menambahkan saat ini pendekatan dengan kaum milenial terus digalakkan PPP Jateng. Sedangkan untuk kalangan Santri Gayeng terus diperkuat hubungan emosionalnya. Sedangkan untuk di luar itu, partai meminta para caleg melakukan pendekatan.

"Untuk milenial di luar komunitas santri, kami lewat caleg untuk melakukan pendekatan yang bersifat persuasif. Kami optimis target minimal 10 kursi untuk DPRD Jateng akan tercapai," katanya.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


Saksikan juga video 'Mahfud Sentil Ocehan Rommy, Bicara Ritual Pejabat Kena OTT KPK':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed