DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 15:24 WIB

Jamal Wiwoho Terpilih Menjadi Rektor UNS Lewat Musyawarah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jamal Wiwoho Terpilih Menjadi Rektor UNS Lewat Musyawarah Jamal Wiwoho (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Solo - Jamal Wiwoho terpilih menjadi Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2019-2023. Kini dia telah ditetapkan sebagai calon Rektor UNS dan akan menggantikan Ravik Karsidi.

Penetapan dilakukan melalui Sidang Senat Tertutup yang diikuti 127 anggota senat dan satu utusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Hari Purwanto. Sidang digelar di Gedung Rektorat UNS pada Selasa (26/3/2019).

Penetapan rektor tersebut tidak dilakukan dengan cara voting. Para anggota senat dan utusan menteri memilih rektor melalui musyawarah secara mufakat.


Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS, Sahid TW, mengatakan sebelumnya senat telah memilih tiga calon rektor pada 10 Februari 2019. Mereka adalah Jamal Wiwoho, Sutarno dan Widodo Muktiyo.

"Musyawarah mufakat ini satu lompatan bagi kami. Ini menjadi spirit aturan yang ada. Jiwanya memang musyawarah mufakat. Panitia bersyukur karena proses menjadi lebih cepat," kata Sahid.

Setelah ini guru besar ilmu hukum tersebut masih harus melalui tahap selanjutnya, yakni penetapan dan pelantikan sebagai rektor. Namun waktu pelantikan masih belum ditentukan.

Utusan Menristekdikti, Hari Purwanto, mengapresiasi langkah UNS melakukan musyawarah mufakat untuk memilih rektor. Dia berharap langkah tersebut juga diikuti oleh perguruan tinggi lain.

"Musyawarah mufakat memang ada dalam aturan. Ini menjadi hal utama karena dengan musyawarah, pergantian kepemimpinan tidak menyebabkan turun tapi justru menguatkan estafet sistem yang ada," katanya.


Sementara Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan anggota senat. Dalam waktu dekat, dia akan melakukan konsolidasi dengan pejabat rektorat sebelumnya.

"Tentu tidak perlu bertele-tele karena semuanya sudah disiapkan Pak Ravik dan teman-teman lainnya. Saya sudah empat tahun tidak di UNS, saya tinggal melanjutkan yang ada saja," kata Irjen pada Kemenristekdikti itu.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed