DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 18:17 WIB

Cara Relawan Cakra 19 Menangkan Jokowi di Yogya: Perangi Golput dan Hoaks

Usman Hadi - detikNews
Yogyakarta - Relawan Jokowi-Ma'ruf yang beranggotakan purnawirawan TNI dan warga sipil, yang menamakan dirinya Cakra 19 memiliki strategi khusus untuk memenangkan paslon 01 di DIY. Strateginya yakni dengan memerangi golput dan hoaks.

Ketua Bidang Komunikasi DPD Cakra 19 DIY, Luluk Harijanto, mengatakan belakangan ini angka golput terus meningkat. Penyebabnya karena maraknya berita bohong yang menyerang pribadi Jokowi dan Kiai Ma'ruf.

"Ada yang wegah nusuk (tidak mau memilih alias golput). Nah ini orang yang wegah-wegah nusuk kalau saya lihat makin tinggi. Apalagi dihajar dengan berita-berita yang hanya ceritanya," jelas Luluk di Kota Yogyakarta, Senin (25/3/2019).

Luluk mengatakan, semula banyak kalangan termasuk pemilih pemula yang mantap mencoblos Jokowi-Ma'ruf. Namun karena banyak diserang hoaks, mereka mengurungkan diri mencoblos Jokowi lagi dan memilih golput.

Untuk itu, kata Luluk, Cakra 19 mencoba mengkonter isu-isu hoaks yang menyerang Jokowi-Ma'ruf. Caranya dengan mensosialisasikan program Jokowi terutama kepada kalangan milenial dan mahasiswa yang ada di Kota Yogyakarta.

"Kita ini sekarang terganggu dengan cerita (hoaks) tadi (yang menyerang Jokowi), kami datang dengan fakta realita. Nah, sekarang tergantung daripada masyarakat Yogyakarta, sekarang mau dipilih yang mana," tuturnya.


"Makanya kami bikin silaturahmi dengan para mahasiswa. Karena tadi, beliau-beliau (mahasiswa) didoping dengan hoaks-hoaks, ini kita lawan. Kalangan milenial ini jangan sampai termakan hoaks yang menyesatkan," sambungnya.

Luluk yakin dengan cara ini Jokowi akan unggul di DIY. Dia optimis target 70% suara yang dipatok Jokowi akan tercapai. "Kemarin ketika Pak Jokowi mengatakan kita lawan, kita rebut 70% (suara di DIY), saya meyakini bisa," tutupnya.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


Saksikan juga video 'Relawan GI-JOW Siap Geriliya Menangkan Jokowi di Jabar':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed