DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 21:45 WIB

Pemilu Kian Dekat, KPU Rembang Kekurangan 537 Ribu Surat Suara

Ari - detikNews
Pemilu Kian Dekat, KPU Rembang Kekurangan 537 Ribu Surat Suara Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang masih mengalami kekurangan surat suara pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang. Jumlah kekurangan mencapai 537.286 lembar surat suara.

Ketua KPU Rembang, M Ika Iqbal menyebutkan jumlah tersebut didapat dari hasil akumulasi kekurangan surat suara untuk Pilpres, DPD, DPR Kabupaten, DPR Provinsi sampai DPR RI. Kini pihaknya masih menunggu sampai ada pengiriman dari pihak KPU RI.

"Karena itu memang ranahnya KPU RI, kita sifatnya tinggal menunggu dan melapor. Ketika kemarin kita lakukan sortir lipat, kemudian muncul kerusakan berapa hinga kebutuhan kekurangan ini kita laporkan ke KPU RI, melalui KPU Provinsi," terang Iqbal kepada wartawan, Kamis (12/3/19).

Iqbal merinci, khusus surat suara Pilpres kekurangan 3.604 lembar. DPR RI sebanyak 1.700 lembar, DPR Provinsi 26.172 lembar, dan DPR Kabupaten sebanyak 7.134 lembar. Paling banyak yakni surat suara DPD sebanyak 498.676 lembar.

"Khusus untuk surat suara pemilihan DPD ini, memang sampai saat ini kita belum dapat droppingnya. Sehingga kami masih menunggu," katanya.

Ia pun menargetkan, agar surat suara tersebut bisa tiba sebelum penghujung bulan Maret ini. Sebab, jika melebihi batasan waktu itu, ia khawatir proses penyelenggaraan Pemilu akan terganggu karena persiapan yang kurang akibat pengiriman yang terlambat.

"Kita butuh waktu untuk sortir lipat paling tidak 3 hari, kemudian surat suara juga sudah harus terdistribusi ke TPS sejak 14 hari sebelum pencoblosan. Itu berarti h-18 paling tidak sudah tiba. Namun, kita hanya bisa berharap itu dari KPU RI," kata Iqbal.

"Jika memang sampai mendekati waktu ambang batas tadi belum ada kabar, kemungkinan besar kita akan datang dan cek ke perusahaan percetakannya. Apakah ada kendala atau ada faktor lain," pungkasnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed