detikNews
Rabu 20 Maret 2019, 20:57 WIB

Pemda DIY Gelar Festival Upacara Adat

Usman Hadi - detikNews
Pemda DIY Gelar Festival Upacara Adat Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar festival upacara adat 2019 di Alun-alun Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (30/3) mendatang. Festival ini untuk memperingati 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X.

Kepala Bidang Pelestarian Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Eni Lestari Rahayu, menuturkan festival upacara adat ini akan diikuti lima Kabupaten/Kota di DIY. Masing-masing akan menyajikan satu kesenian dan tradisi.

"Kabupaten Gunungkidul (menyajikan) tradisi adat babad dalan giring, Sleman adat labuhan Merapi, Bantul grebeg bakda mangiran, Kulon Progo upacara adat kuthukan Sunan Geseng, Kota Yogyakarta upacara adat Karangkitri," ujarnya.

Hal itu dijelaskan Eni dalam jumpa pers kegiatan festival upacara adat 2019 di Kantor Disbud DIY, Rabu (20/3/2019). Festival ini bertema 'keragaman upacara adat di DIY dalam rangka mangayubagya 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X'.

Eni mengatakan, festival upacara adat tahun ini spesial karena bertepatan dengan mangayubagya 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X, atau 30 tahun naik tahtanya Sri Sultan HB X sebagai Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Turut merayakan naik tahtanya Raja Keraton Yogyakarta Hamengku Buwono X yang ke-30 tahun. Hal ini sesuai dengan semboyan bahwa 'tanta untuk rakyat', yang bertujuan untuk memakmurkan dan kesejahteraan Rakyat Yogyakarta," tuturnya.

"Kemakmuran bukan hanya dalam hal sandang, pangan, dan papan. Akan tetapi juga terhadap nilai, tradisi, maupun kebiasaan yang hidup dan berkembang di masyarakat," pungkas dia.

(ush/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed