UMY Terjunkan Mahasiswa KKN Jadi Relawan Pemilu

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 20 Mar 2019 19:45 WIB
Foto: Biro Humas UMY/detikcom
Bantul - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan 186 mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai relawan pemilu. Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan Bawaslu dalam hal pengawasan.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Sukamta, menjelaskan 186 mahasiswa KKN tersebut akan disebar di 22 desa atau di 18 kecamatan di DIY. Mereka akan ditempatkan di Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta.

Dia menjelaskan penerjunan mahasiswa KKN ini merupakan tindak lanjut MoU antara UMY dengan Bawaslu RI. Untuk itu, UMY menerjunkan mahasiswa yang pro aktif membantu mengawasi pemilu dari 25 Maret sampai 24 April 2019.

Kepada mahasiswa KKN, Sukamta, berpesan agar mereka memegang prinsip dan berpendirian teguh, tak terbawa arus politik yang buruk. Dia juga meminta mahasiswa KKN UMY mengambil semua keputusan dengan kepala jernih.

"Sebagai mahasiswa UMY kalian harus bisa menyebarkan nilai-nilai Islam dan Muhammadiyah. Pendirian kalian juga harus kokoh agar bisa menghadapi segala kondisi yang terjadi di lapangan," jelasnya, Rabu (20/3/2019).

Hal itu disampaikan Sukamta saat pembekalan dan penerjunan KKN tematik pengawasan pemilu 2019 kerjasama Bawaslu RI dengan UMY di Kampus Terpadu UMY. Turut hadir di acara ini Komisioner Bawaslu DIY, Amir Nashiruddin.

Sementara Amir sendiri tak menampik adanya oknum yang melakukan kecurangan di pemilu. Oleh karenanya, pihaknya meminta peran serta masyarakat termasuk civitas akademika perguruan tinggi untuk turut mengawasi.

"Partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dapat berwujud pencegahan, pengawasan, pemberian informasi, pelaporan, dan saksi," tutupnya.
(ush/bgs)