detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 14:37 WIB

Seratusan Hiu di Penangkaran Ikan Karimunjawa Mati Mendadak

Wikha Setiawan - detikNews
Seratusan Hiu di Penangkaran Ikan Karimunjawa Mati Mendadak Bangkai hiu yang mati di penangkaran Karimunjawa. Foto: Dok Balai Taman Nasional Karimunjawa
Jepara - Pemilik penangkaran ikan di Menjangan Besar, Karimunjawa melaporkan sekitar 110 ikan hiu mati mendadak. Sampel air dan ikan sudah dibawa ke laboratorium untuk dicek.

Penangkaran ikan hiu tersebut dikelola secara independen oleh Cun Ming (81) sejak awal tahun 1960an. Namun, baru kali ini mengalami ikan di penangkarannya mati secara mendadak dan dalam jumlah yang besar.

"Kamis pagi penjaga penangkar menemukan ikan hiu indukan mati mengambang di kolam. Pas dihitung sekitar 110 ikan hiu yang mati," ujarnya Cun Ming saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).

Cun Ming bercerita, tak hanya ikan hiu, ikan jenis lainnya yang berada di kolam lain juga ikut mati. Di antaranya 20 ekor ikan kambing lebar dan 10 ekor ikan tyger. Dia merasa heran karena belum diketahui penyebab matinya ikan-ikan tersebut.


"Saya heran mati kok banyak sekali. Akhirnya saya menunggu kapal hari Jumat membawa sampel air dan jeroan ikan untuk dibawa ke laboratorium di Jepara. Tapi karena Jumat siang sudah tutup dan Sabtu-Minggu libur akhirnya harus menunggu," paparnya.

Untuk saat ini, kasus matinya ikan hiu tersebut dibawa ke ranah hukum.

Lokasi penangkaran ikan milik Cun Min, Karimunjawa. Lokasi penangkaran ikan milik Cun Min, Karimunjawa. Foto: Dok Cun Min/pemilik penangkaran

"Saya sudah melaporkan kejadian ini ke Polda Jateng. Untuk tes laboratorium juga kami lakukan Wates, Yogyakarta. Katanya butuh waktu 21 hari untuk tahu hasilnya," tandasnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Agus Prabowo menerangkan bahwa pihaknya sudah mendatangi lokasi penangkaran tersebut.

Jenis hiu yang ditangkar tidak termasuk yang dilindungi. Yakni hiu karang hitam (carcharinus melanopterus) dan hiu karang putih (treaenodon obesus).

"Ada dua jenis ikan hiu di sini yang dibudidayakan. Tapi tidak termasuk yang dilindungi," terang Agus.

"Kami melihat air kolam yang ditemukan hiu mati berwarna kuning," tutur dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed