detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 13:15 WIB

Sandi Akan Ganti UN dengan PMDK, TKN 01: Tak Ada Ide Baru

Rinto Heksantoro - detikNews
Sandi Akan Ganti UN dengan PMDK, TKN 01: Tak Ada Ide Baru Abdul Kadir Karding. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Cawapres Sandiaga Uno menegaskan akan menghapus Ujian Nasional (UN) dan akan menggantikannya dengan penelusuran minat dan bakat (PMDK), jika dia dan Prabowo memimpin pemerintahan. Kubu Jokowi mengatakan PMDK sudah ada di undang-undang.

"Yang disebutkan Pak Sandi tentang penelusuran minat dan bakat, di undang-undang sudah ada. UN yang dulu menjadi standar kelulusan, jadi siapa yang tidak lulus UN maka dia tidak lulus sekolah. Tetapi kini sudah dirubah kebijakannya yaitu UN itu hanya sebagai standar ukuran pendidikan kita itu sudah sampai di mana," kata Karding kepada kepada wartawan di Purworejo, Selasa (19/3/2019).


Karding menambahkan bahwa UN di negara besar seperti Indoesia menjadi sangat penting sehingga bukanlah masalah yang harus dihilangkan. "Dalam negara besar seperti ini luasnya, kota desa persebarannya luar biasa kok kemudian tidak ada ukurannya. Di mana mengukur kualitas pendidikan kita, salah satunya adalah UN itu," lanjutnya.

Lebih lanjut, mantan Sekjen PKB tersebut menilai materi yang disampaikan Sandi dalam debat cawapres Minggu malam yang lalu menunjukkan kegagapan dan mengulang-ulang ide yang sudah dijalankan pemerintahan Jokowi-JK.

"Jadi apa yang disampaikan oleh Pak Sandi itu menurut saya tidak ada yang baru, semua sudah dikerjakan pemerintah. Jadi saya melihat kok visinya agak gagap ya," kata Karding.




Saksikan juga video 'Ide Sandi Hapus Ujian Nasional, Masuk Akal atau Tidak?':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com