DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 13:13 WIB

SMKN 1 Tajungsari Gunungkidul Terendam Banjir 2 Meter

Pradito Rida Pertana - detikNews
SMKN 1 Tajungsari Gunungkidul Terendam Banjir 2 Meter SMKN 1 Tanjungsari, Gunungkidul kebanjiran. Foto: Istimewa
Gunungkidul - SMKN 1 Tanjungsari, Gunungkidul terendam banjir setinggi hingga dua meter. Untuk itu agenda Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) siswa kelas XII hari ini dihentikan sementara.

"Ruang kelas, ruang guru, asrama siswa semua tergenang air dengan ketinggian sekitar dua meter, hanya ruang komputer yang aman karena berada di atas," ujar Kepala Sekolah SMK N 1 Tanjungsari, Muhammad Ikhsanudin saat dihubungi wartawan, Senin (18/3/2019).

Agenda USBN yang dihentikan hari ini akan dijadwalkan ulang di lokasi lain.

"Untuk yang kelas XII USBNnya hari ini kita hentikan karena banjir. Rencananya kita akan cari tempat baru untuk pelaksanaannya karena mepet dengan jadwal UN," jelasnya.

Selain banjir, beberapa bagian gedung sekolah ini juga mengalami kerusakan.


"Selain itu ada tembok di salah satu ruang yang jebol, pagar beton juga jebol," tutur Ikhsanudin.

Meski demikian, Ikhsanudin menyebut bahwa ia berhasil mengamankan beberapa dokumen penting milik Sekolah. Ia pun berharap agar air segera surut agar aktivitas belajar mengajar bisa berjalan normal kembali.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edi Basuki menjelaskan bahwa petugas BPBD sudah di lokasi dan tengah berusaha mengalihkan aliran air ke tempat yang semestinya.


"Ya memang di sana sudah langganan banjir, yang jelas dari BPBD sudah ke sana (SMKN 1 Tanjungsari) untuk membantu mengalihkan luapan air ke luweng-luweng (lubang air tradisional) yang ada di sekitar lokasi," ujarnya saat dihubungi detikcom.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed