DetikNews
Jumat 08 Maret 2019, 09:55 WIB

Yang Mau Mudik, Tiket KA Lebaran di Daop 5 Purwokerto Masih Ada

Arbi Anugrah - detikNews
Yang Mau Mudik, Tiket KA Lebaran di Daop 5 Purwokerto Masih Ada Stasiun Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas - Tiket Kereta Api (KA) di Daop 5 Purwokerto selama masa angkutan lebaran 2019 hingga saat ini masih tersedia. Berikut penjelasan Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan, tiket mudik mulai H-10 sampai H+1 lebaran, masih didominasi oleh kereta api dari Jakarta atau Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Termasuk KA dari Jakarta atau Bandung yang berakhir di Daop 5 Purwokerto.

"Dari pantauan kami, penjualan sampai tanggal 7 Maret 2019, KA-KA yang ramai dipesan masih dari arah Jakarta/Bandung menuju ke Jawa tengah dan Jawa Timur," kata Supriyanto dalam pesan tertulisnya kepada detikcom, Jumat (8/3/2019).

Hari Raya Idul Fitri memang masih cukup lama. Berdasarkan kalender nasional, hari raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada 5-6 Juni 2019.

Bagi para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket KA Lebaran 2019, sudah bisa pesan mulai tanggal 25 February 2019 lalu, atau pada H-90. Pada tanggal 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB, KAI mulai melakukan penjualan tiket keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran).

"Untuk KA-KA pemberangkatan dari Daop 5, baik yang ke arah Jakarta atau Bandung maupun ke arah Jawa Timur, rata-rata masih baru dipesan 5%, dari total 7.304 seats yang tersedia, sehingga masih banyak," ucapnya.

Dia menjelaskan jika setidaknya ada 12 keberangkatan KA Reguler, yang berangkat awal dari stasiun di Daop 5 Purwokerto, dengan kapasitas tempat duduk 7.304 seat.

KA tersebut diantaranya KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir pp, KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo-Pasarsenen pp, KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo-pasarsenen pp, KA Logawa, relasi Purwokerto-Jember, KA Kutojaya Utara, relasi kutoarjo-pasarsenen pp, KA Kutojaya Selatan, relasi kutoarjo-Kiaracondong pp, KA Serayu pagi, relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen pp, KA Serayu malam, relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen pp, KA Wijayakusuma, relasi Cilacap-Surabaya-Banyuwangi pp, KA Kamandaka, relasi Purwokerto-Semarang, KA Joglosemarkerto, Purwokerto-Semarang, KA Joglosemarkerto, relasi purwokerto-Semarang-Solo.

Dia mengatakan dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI juga telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun ketersediaan KA keberangkatan masih cukup banyak, KAI meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.

KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar. KAI berharap masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada Angkutan Lebaran tahun ini.
(arb/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed