DetikNews
Kamis 07 Maret 2019, 11:15 WIB

Lagi, Merapi Keluarkan Awan Panas Siang Ini Jarak Luncurnya 1 Km

Usman Hadi - detikNews
Lagi, Merapi Keluarkan Awan Panas Siang Ini Jarak Luncurnya 1 Km Gunung merapi dari Klangon, Cangkringan, Sleman, (27/1/208). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitasnya. Setelah terjadi awan panas guguran pagi tadi, Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran siang ini pada pukul 10.17 WIB.

"Telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 07/03/2019 pukul 10.17 WIB," jelas Kepala BPPTKG dalam keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (7/3/2019).

Adapun awan panas guguran siang ini berdurasi 97 detik dengan jarak luncur 1 kilometer. Berdasarkan pengamatan BPPTKG awan panas guguran mengarah ke tenggara.

"Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi (3 kilometer dari Puncak Merapi). Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa," sebutnya.


Diberitakan sebelumnya, awan panas guguran juga terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.44 WIB. Jarak luncurnya lebih panjang, yakni 1,2 kilometer dari Puncak.

"(Awan panas) pukul 07.44 WIB dengan durasi 121 detik, jarak luncur 1.200 meter, mengarah ke tenggara. Awan panas teramati dari CCTV Puncak," jelasnya.


BPPTKG hingga kini belum mengubah status Gunung Merapi yang masih di level II atau waspada. Oleh karenanya masyarakat diminta tetep tenang.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Status (Gunung Merapi) tetap waspada," tutupnya.



Simak juga video Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed