Datangi Desa Wisata di Tegal, Sandi Dengarkan Aspirasi Warga

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 28 Feb 2019 21:18 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno kegiatan kampanye di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sandiaga mendatangi sebuah desa wisata. Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa ini, terkenal dengan Pasar Slumpringnya.

Kedatangan Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Cempaka ini disambut warga desa. Mereka berdesakan untuk sekedar bersalaman maupun berswafoto. Begitu tiba, Sandi langsung diarak menuju saung dengan latar belakang gunung dan air jernih kolam ikan, juga kabut tipis yang mulai perlahan turun.

Desa di kawasan lereng Gunung Slamet ini memiliki panorama yang indah dan berhawa sejuk. Yang menarik dari desa ini adalah Pasar Slumpring yang digelar setiap hari Minggu. Pasar ini menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Tegal karena keberadaannya yang unik. Dimana, transaksi jual beli, semuanya menggunakan bilah bambu yang berfungai sebagai koin.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Cempaka, Ikhsanudin berharap ada perbaikan infrastruktur sehingga bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang mengunjungi Desa Cempaka. Saat ini perlu adanya lahan parkir yang memadai agar tidak becek dan lampu penerangan.

"Perlu segera dibenahi agar makin banyak wisatawan yang datang dan berbelanja di Pasar Slumpring," ucap Ikhsanudin.

Sementara Umi, mewakili para penjual makanan di daerah wisata ini berharap agar bahan-bahan pembuatan makan tradisional harganya lebih terjangkau dan murah.

"Sekarang semuanya serba mahal pak, seperti gula, tepung dan bahan-bahan membuat kue. Satu lagi, permohonan kami agar pengajuan modal dimudahkan," kata Umi.

Sandi menyatakan akan memperhatikan aspirasi dari Ikhsanudin dan Umi, terutama masalah infrastruktur dan harga bahan pokok. Dia beromitmen membangun ekonomi yang kuat bagi warga desa.

"Insya Allah kita akan memperhatikan permintaan warga seperti harga stabil dan memperbaiki infrastruktur. Sehingga akan lebih banyak wisatawan yang datang, dan fasilitasnya kita perbaiki dengan standar internasional," ucap Sandi

Sandi menilai Slumpring atau artinya Bambu adalah contoh destinasi wisata dengan gaya global namun dibalut dengan kearifan lokal. Tempat pariwisata seperti inilah diharapkan bisa menggerakkan ekonomi rakyat, termasuk UMKM.
(bgk/bgs)