DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 09:51 WIB

Di Rembang, Ada 931 Lembar Surat Suara Pilpres Rusak

Arif Syaefudin - detikNews
Di Rembang, Ada 931 Lembar Surat Suara Pilpres Rusak Surat suara Pilpres yang rusak di Rembang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Dalam proses sortir dan pelipatan kertas suara pemilihan Presiden dan wakil Presiden, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang menemukan sebanyak 931 lembar surat suara yang rusak. Jenis kerusakannya pun beragam.

Ketua KPU Rembang, M Ika Iqbal Fahmi menyebutkan saat ini proses sortir dan pelipatan surat suara khusus pemilihan Presiden telah selesai dilaksanakan. Di hari pertama, ditemukan sebanyak 790 lembar yang rusak. Ditambah di hari kedua surat suara rusak yang ditemukan 141 lembar.

"Untuk surat suara Presiden dan wakil Presiden (proses sortir) sudah selesai. Kita temukan sebanyak 931 surat suara yang rusak. Hari ini sudah mulai sortir lipat surat suara DPR RI," terang Iqbal saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (23/2/19).

Ia merinci, jenis kerusakan surat suara di antaranya potongan yang tidak presisi sebanyak 2 lembar, sobek sebanyak 504 lembar, terdapat noda 30 lembar, terdapat bercak kotoran sejumlah 234 lembar. Kusut 144 lembar, dan surat suara yang kusam separuh 17 lembar.


Nantinya, hasil inventarisasi kerusakan surat suara tersebut akan kembali dicek, mana surat suara yang masih dapat digunakan atau tidak. Hasilnya, akan dilaporkan kepada pihak KPU pusat melalui Provinsi.

"Dari yang rusak ini akan kita lakukan sortir ulang, mana surat suara yang masih bisa kita pakai. Hasilnya kita rekap dan kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi. Tindaklanjutnya kita tunggu instruksi dari KPU RI," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Logistik Pemilu 2019 Mulai Didistribusikan ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed