DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 20:23 WIB

Pakai Uang Palsu Saat belanja, 2 Orang Ditangkap di Kota Tegal

Imam Suripto - detikNews
Pakai Uang Palsu Saat belanja, 2 Orang Ditangkap di Kota Tegal Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Dua pengedar uang palsu warga Magelang dan warga Tegal diringkus Sat Reskrim Polres Tegal Kota, Jawa Tengah. Mereka dibekuk saat sedang berbelanja menggunakan uang palsu.

Kapolres Tegal, AKBP Siti Rondhijah kepada sejumlah wartawan menyampaikan, dua orang pelaku pengedar uang palsu ditangkap oleh jajarannya saat melakukan transaksi dengan berbelanja di Pasar Pagi Kota Tegal. Dari keterangan yang diperoleh, para tersangka sebelumnya juga sudah pernah berbelanja di Pasar Pagi Kota Tegal menggunakan uang ratusan ribu palsu.

"Beberapa pedagang curiga dengan uang palsu ini yang selanjutnya menginformasikan ke Sat Reskrim," kata Kapolres AKBP Rondhijah di kantornya Kamis (21/2/2019) sore.

Dari laporan itu, polisi melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap pelaku bernama Sunari warga Kota Tegal. Saat ditangkap, ditemukan 16 lembar uang ratusan ribu di kantong tersangka.

Dari keterangan Sunari, polisi mengetahui bahwa uang palsu tersebut berasal dari Sukoco, warga Magelang. Tidak lama, petugas akhirnya bisa meringkus Sukoco.

Dari keduanya, polisi menyita sebanyak 16 lembar uang seratus ribu palsu, uang sejumlah Rp 1.200.000 dan 1 unit telpon genggam brand code warna hijau.

"Jadi untuk mendapatkan upal 10.000.000 harus ditukar uang asli sejumlah Rp 5.500.000," kata Kapolresta

Terkait uang palsu ini, Kapolresta mengingatkan di tahun politik, akan banyak beredar uang palsu di masyarakat. Uang ini bisa saja dipakai untuk money politik.

"Saya minta warga hati hati terhadap peredaran uang palsu. Apalagi tahun politik, dimungkinkan akan marak uang palsu beredar, karena bisa saja untuk politik uang," pungkasnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 36 ayat 2 Undang Undang RI Nomor 7 Tahun 2011 dengan ancaman hukuman 10 Tahun penjara.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed