detikNews
Selasa 19 Februari 2019, 18:14 WIB

Warga Bantul Gelar Wiwitan, Tanda Syukur Saat Panen Raya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Warga Bantul Gelar Wiwitan, Tanda Syukur Saat Panen Raya Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Warga Dusun Sukorame, Bantul melaksanakan tradisi wiwitan. Tradisi yang sudah turun-temurun ini hanya digelar saat panen raya. Hari yang dipilih adalah hari pasaran Kliwon berdasarkan penanggalan Jawa.

Puluhan warga mengikuti acara di Jelajah Sawah Pertanian Bawongan (JSPB) Songgo Langit, di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Peserta berjalan sembari membawa makanan yang berasal dari olahan hasil bumi petani. Sesampainya di persawahan JSPB Songgo Langit, makanan tersebut secara bertahap diletakkan di tengah sawah.

Tampak 3 orang mengenakan pakaian adat Jawa berada di antara makanan yang diletakkan di persawahan tersebut. Tak lama kemudian, setelah prosesi doa makanan tersebut dibawa ke sebuah balai untuk selanjutnya dimakan bersama-sama dan dibagi-bagikan kepada warga setempat.

Ketua Pengelola JSPB Songgo Langit, Lagimin Budi Ismanto mengatakan, bahwa tradisi tersebut telah dilaksanakan secara turun temurun. Tradisi tersebut diadakan saat masa panen pertama para petani di Dusun Sukorame.
Warga Bantul Gelar Wiwitan, Tanda Syukur Saat Panen RayaFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Tradisi wiwitan ini untuk menghaturkan rasa syukur kepada Tuhan, karena para petani diberi hasil panen yang melimpah. Tradisinya hanya lantaran, untuk doa tetap kita panjatkan kepada Tuhan," ujarnya saat ditemui di JSPB Songgo Langit, Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Selasa (19/2/2019).

Mengenai pemilihan pasaran Kliwon dalam pelaksanaan tradisi tersebut, Lagimin menyebut bahwa hal itu sudah berlangsung sejak zaman nenek moyang pendahulunya. Menurutnya, sebagai generasi penerus, warga hanya melestarikannya saja.
Warga Bantul Gelar Wiwitan, Tanda Syukur Saat Panen RayaFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Sudah dari dulu kalau diadakannya (tradisi wiwitn) setiap pasaran Kliwon, biasanya kalau tidak Selasa Kliwon ya Jumat Kliwon. Tapi karena sudah panen ya dipilih hari Selasa Kliwon ini," ucapnya.

Menurutnya hidangan yang dibagi-bagikan berupa nasi liwet yang dipincuk daun pisang. Adapun nasi liwet itu berisi nasi, sambal gepeng, yakni sambal yang terbuat dari kacang yang ditumbuk dicampur garam dan ikan asin. Sedangkan untuk lauk nasi liwet berupa ayam ingkung dan daun dadap srep.

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com