DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 18:47 WIB

Kapal 'Panorama Nusantara' Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kapal Panorama Nusantara Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Kapal 'Panorama Nusantara' terbakar di Semarang (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang - Kebakaran kapal terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Api melahap kapal 'Panorama Nusantara' itu saat proses perbaikan di galangan kapal PT Janata Matina Indah (JMI).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang, Ahmad Wahid, mengatakan kebakaran terjadi saat jam istirahat ketika proses penggantian plat kapal pada dek kapal bagian atas.

"Penyebabnya itu diduga panas akibat dari replating. Jadi ada penggantian plat pada dek atas, kemudian di bawahnya ada plafon. Penyebabnya di situ, dari pekerja, ada pengelasan juga," kata Wahid, Senin (18/2/2019).


Api terlihat pertama kali di geladak kapal bagian atas kemudian mulai menyebar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena terjadi saat jam istirahat.

Pemadaman api berlangsung cukup lama karena angin yang berhembus cukup keras. Wahid menambahkan, pihaknya akan memanggil PT JMI untuk evaluasi dan tidak terjadi hal serupa.

"Pasca-kejadian ini, kami akan panggil pemilik galangan PT JMI. Ini kami lakukan agar mereka tidak teledor lagi," tegasnya.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed