DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 19:23 WIB

15 Kota di Jateng Bakal Dilewati Api Kirab Cinta Jokowi-Ma'ruf

Akrom Hazami - detikNews
15 Kota di Jateng Bakal Dilewati Api Kirab Cinta Jokowi-Maruf Foto: Akrom Hazami/detikcom
Grobogan - Kesengsem dengan potensi unik Api Abadi Mrapen di Kabupaten Grobogan, api Kirab Cinta Jokowi-Ma'ruf Amin diambil di objek wisata tersebut. Api kirab cinta itu akan dibawa keliling Jawa Tengah mulai tanggal 17-24 Februari 2019.

Hal ini dilakukan Relawan pengusaha Muda Nasional (Repnas) Jawa Tengah, saat menggelar kegiatan bertajuk 'Kirab Api Cinta Untuk Jokow-Ma'rufi', Minggu (17/2/2019) petang.

Ketua Repnas Jateng, Wijaya Dahlan, mengatakan pihaknya sengaja mengambil api untuk Kirab Cinta di Api Abadi dari Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong.

"Apinya diambil dari Api Abadi Mrapen Grobogan yang sudah terkenal, sebelum nantinya api dibawa keliling Jawa Tengah. Api adalah lambang semangat," kata Wijaya dalam sambutannya.

Menurutnya, Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf itu sebagai wujud penyebaran semangat para pengusaha muda di Jawa Tengah untuk capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kami ingin memberikan dukungan penuh kepada Bapak Joko widodo. Oleh karenanya, kirab api ini merupakan salah satu wujud dukungan kami," kata Wijaya.

Nantinya, kata dia, kegiatan Kirab Api ini bertolak dari Kabupaten Grobogan hingga ke Pekalongan. Rutenya, mulai dari Mrapen Grobogan, Demak, Semarang, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ambarawa, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Tegal dan berakhir Pekalongan.

"Dengan kirab ke-15 kota. Dengan melibatkan 1.000 pengusaha, dan 1.000 relawan," tambahnya.

Menurut dia, obor yang dibawa oleh para pengusaha muda secara estafet di setiap kota atau kabupaten yang dilintasi. Saat estafet, setiap wilayah akan menggelar kegiatan penyambutan obor api tersebut.
15 Kota di Jateng Bakal Dilewati Api Kirab Cinta Jokowi-Ma'rufFoto: Akrom Hazami/detikcom

"Di setiap kota, kami juga akan melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi. Tentunya kegiatan kami ini dalam rangka menyatukan visi misi sekaligus mengobarkan semangat dalam rangka membangun bangsa," paparnya.

Wijaya menambahkan, pada akhir rute kirab api di Pekalongan, rencananya api tersebut akan diserahkan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.
"Nantinya juga akan ada deklarasi dari kami untuk dukungan kepada Pak Jokowi," tegas dia.

Dia menceritakan, sebelum era Jokowi-Jusuf Kalla tak pernah tertarik berita politik. Namun selama kepemimpinan Jokowi, dia melihat banyak perubahan Indonesia yang lebih baik. Bahkan, harapan Indonesia mengarah ke positif.
"Kita pengusaha jauh lebih optimis. Itu yang kita rasakan. Kita yakin, solid dukung Jokowi," kata dia.

Herman Heizer, Ketua Repnas Pusat mengatakan tema kirab Api Cinta ini memang untuk Jokowi-Ma'ruf. Pihaknya melihat Jokowi selama ini kerja dengan penuh cinta.

"Jokowi paling banyak berkunjung ke seluruh provinsi. Itu sebagai bukti cinta," kata Herman di lokasi serupa.

Ketua Tim Kemenangan Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin Grobogan Sri Sumarni mengaprsiasi kegiatan pengambilan api di Api Abadi Mrapen.

"Di Grobogan ini punya Api Abadi ini karena ini api melambangkan keberanian, untuk dan mungkin itu fokus kita semua bekerja keras. Dan harus berani. Apapun tantangannya nanti dan bergerak-bergerak gotong royong, ini Jokowi-Ma'ruf pasti menang di Jawa Tengah di indonesia, seluruhnya," kata Sri Sumarni.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed