Asma Kambuh Saat Berenang, Remaja di Blora Tenggelam di Embung

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 12 Feb 2019 20:38 WIB
Foto: Dok BPBD Blora/detikcom
Blora - Seorang remaja asal Kabupaten Blora tewas tenggelam di embung. Diduga korban tenggelam akibat penyakit asma yang dideritanya, kambuh lagi saat berenang bersama teman-temannya.

Korban bernama Muhammad Fikri Haikal (15) warga Desa Berbak Kecamatan Ngawen, Blora. Korban tenggelam di Embung Celengan Desa Sendangmulyo Kecamatan Ngawen, Blora, Selasa (12/2/19) sore.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Sunanto menjelaskan, berdasarkan keterangan yang dihimpun, kejadian bermula ketika korban bersama dengan temanteman korban berenang di Embung Celengan. Saat berada di tengah embung, tiba-tiba korban menghilang.

"Laporan dari rekan korban, bahwa temannya tenggelam di Embung Celengan. Saat berenang bersama teman, tapi saat ditengah korban tiba-tiba hilang," terang Sunanto dalam keterangannya.

Berdasarkan keterangan saksi lanjut dia, korban memiliki riwayat penyakit asma. Diduga penyakit asma korban kambuh saat berenang sehingga menyebabkan korban tenggelam.

"Dimungkinkan karena riwayat penyakit asma yang dimiliki," imbuhnya.

Sunanto menjelaskan, jenazah korban ditemukan secara tak sengaja tersangkut pancing jangkar warga. Jasad korban yang kemudian ditarik ke atas permukaan, dilakukan visum oleh Puskesmas setempat.

"Ditemukan pada jam 20.30 WIB korban berhasil terkait pancing jangkar dan ditarik keatas permukaan dan segera dievakuasi oleh tim TRC BPBD. Selanjutnya korban dilaksanakan visum oleh pihak Puskesmas dan Polsek Ngawen kemudian diserahkan ke pihak keluarga," terang Sunarto.

(bgs/bgs)