Dugaan Perkosaan Mahasiswi UGM

Kasus Agni Berujung Damai, Polda DIY: Penyidikan Masih Jalan

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 05 Feb 2019 18:25 WIB
Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Polda DIY memastikan proses penyidikan kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM saat menjalani KKN di Pulau Seram, Maluku tetap berjalan. Perdamaian yang disebut-sebut telah disepakati antara korban dan terlapor tidak serta-merta menghentikan jalannya penyidikan.

"Proses penyidikan sejauh ini masih berjalan," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto saat dimintai konfirmasi detikcom melalui pesan singkat, Selasa (5/2/2019).

"Penyidikan tidak berhenti," lanjutnya.

Sementara itu, hingga saat ini Polda DIY belum menerima surat dari UGM soal kesepakatan damai antara korban dan terlapor. "Belum (menerima)," ungkap Yuliyanto.


Diberitakan sebelumnya, UGM akan menyurati Polda DIY untuk memberitahukan secara resmi kesepakatan damai antara pelaku dan korban kasus perkosaan mahasiswi KKN. Pemberitahuan itu terkait proses hukum yang dilakukan Polda DIY terkait kasus tersebut.

"Kami akan secara resmi mengirimkan surat ke kepolisian (Polda DIY) tentang penyelesaian (damai) ini," ujar Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM, Paripurna, di Gedung Pusat UGM, Senin (4/1).


Dalam kesempatan yang sama, Rektor UGM Panut Mulyono menyatakan kasus dugaan perkosaan yang dialami mahasiswi KKN UGM di Pulau Seram, Maluku, pertengahan tahun 2017 lalu berakhir damai. Korban dengan pelaku bersepakat damai.

"Kami sampaikan bahwa kasus ini (dugaan perkosaan) dinyatakan telah selesai (berakhir damai)," ujar Rektor UGM, Panut Mulyono. (sip/sip)